Inbound Marketing: Jadikan Pemasaran Makin Efektif

Facebook
Twitter
LinkedIn
Inbound Marketing

Di era digital seperti sekarang, perusahaan seharusnya menerapkan inbound marketing. Lantas, sebenarnya apa itu inbound marketing? Inbound marketing adalah cara pemasaran produk atau layanan dengan menggunakan konten dan interaksi yang relevan. Strategi tersebut merupakan kebalikan dari outbound marketing yang dianggap sebagai cara pemasaran tradisional.

Baca juga: 5 Trik Psikologi Marketing, Tingkatkan Penjualan Perusahaan

Kenali Metode Inbound Marketing

Makin canggihnya perkembangan teknologi membuat masyarakat mudah dalam menemukan informasi. Mereka akan mencari informasi melalui internet, baik melalui mesin pencarian atau media sosial. Oleh karena itu, inbound marketing sangatlah penting. Anda bisa menerapkannya dalam bisnis melalui empat tahapan berikut.

1. Attract

Langkah ini dilakukan untuk membuat bisnis lebih dikenal. Cara yang bisa dilakukan adalah membuat konten yang bermanfaat. Selain bermanfaat, pastikan konten yang dibuat juga menarik dan disukai oleh masyarakat yang dijadikan target pasar. Konten tersebut bisa berupa artikel yang diunggah di blog atau website yang kemudian dioptimasi. Selain itu, konten dapat juga diunggah melalui media sosial.

2. Convert

Setelah website mendapat kunjungan atau media sosial mendapat pengikut, langkah selanjutnya adalah menjadikan pengunjung atau pengikut tersebut sebagai pelanggan. Caranya adalah dengan meminta kontak pribadi, seperti email atau nomor whatsapp. Mendapatkan kontak dari pengunjung website menjadi langkah awal call to action. Hal ini bisa dilakukan dengan meminta pengunjung mengisi formulir tertentu.

3. Close

Setelah kontak didapatkan, pastikan Anda menyimpannya. Anda bisa menghubungi kontak yang sudah didapatkan untuk menawarkan produk atau layanan. Pastikan pesan yang Anda sampaikan tidak membuat calon pelanggan merasa terganggu. Untuk itulah, jangan mengirimkan pesan secara bertubi-tubi. Namun, Anda dapat melakukan follow up secara berkala untuk menjalin kedekatan dengan calon pelanggan.

4. Delight

Apabila telah berhasil menjadi pelanggan, Anda tidak boleh berpuas diri. Anda harus tetap menjalin komunikasi yang baik. Kirimkan pesan yang berisi penawaran produk terbaru untuk pelanggan Anda. Selain itu, Anda bisa juga menyampaikan promo atau diskon. Jika sedang mengadakan event, pelanggan dapat dilibatkan. Misalnya saja, dalam acara seminar, pelanggan dapat diundang sebagai peserta.

Jika hendak melakukan strategi marketing yang demikian, Anda harus melakukan riset. Riset yang dilakukan akan menjadi dasar untuk pembuatan konten. Dengan begitu, konten yang dihasilkan akan sesuai dengan masyarakat yang ditargetkan.