Beragam Kendala Public Relation dan Cara Mengatasinya

Facebook
Twitter
LinkedIn
kendala public relationn

Kendala public relation adalah hambatan dalam proses komunikasi perusahaan. Kendala divisi humas tersebut harus teratasi karena dapat berpengaruh terhadap kinerja perusahaan. Sebelum membahas lebih lanjut, alangkah baiknya kita mengenali pengertian public relation dan fungsinya.

Public relation atau PR adalah strategi perusahaan dalam membangun komunikasi, baik secara internal maupun eksternal. Fungsi public relation adalah meningkatkan fungsi pemasaran dan citra positif perusahaan. Karena itulah, penting untuk belajar public relation yang baik bagi sebuah perusahaan.

Kendala Public Relation dan Cara Mengatasinya

Setelah membahas seluk-beluk public relation, kita akan membahas kendala public relation yang mungkin muncul. Selain itu, akan ada juga pembahasan terkait cara mengatasi hambatan public relation. Berikut ini adalah beberapa kendala public relation sekaligus cara mengatasinya.

Baca Juga: Strategi Hadapi Kultur Baru Public Relation yang Menghadang

Kemajuan teknologi

Teknologi senantiasa mengalami kemajuan yang cepat. Komunikasi dapat tetap berjalan dengan baik meskipun terpisah jarak. Public relation pun menjadi lebih mudah komunikasinya. Hanya saja, kemajuan teknologi tersebut juga menjadi kendala dan tantangan sekaligus. Public relation haruslah mampu menguasai setiap kemajuan teknologi agar bisa memanfaatkannya dengan maksimal.

Cara komunikasi

Kemajuan teknologi tentunya dapat memengaruhi cara berkomunikasi. Setiap public relation di sebuah perusahaan harus menyiapkan strategi komunikasi yang terbaik untuk menyebarkan informasi. Melalui strategi tersebut, public relation juga bisa menjalin hubungan baik dengan mitra. Cara komunikasi ini juga dapat memengaruhi citra positif perusahaan.

Globalisasi

Globalisasi juga menjadi hambatan komunikasi dalam bidang public relation. Adanya kemudahan dalam penyebaran informasi. Namun, globalisasi juga menyebabkan informasi yang tersebar terkadang tidak tersaring. Oleh karena itu, public relation harus mampu menyaring informasi sebelum menyebarkannya, terutama yang berkaitan dengan citra perusahaan.

Pandemi

Pandemi Covid-19 sempat menjadi masalah public relation di Indonesia. Banyak tantangan public relation di masa pandemi. Tantangan tersebut muncul karena adanya aturan pembatasan kegiatan. Tantangan tersebut teratasi berkat kecanggihan teknologi. Berbagai kegiatan yang berkaitan dengan public relation terselenggara secara online. Misalnya saja, acara seminar perusahaan berubah menjadi webinar.

Perubahan Peraturan

Tidak dapat dipungkiri, peraturan dapat memengaruhi kinerja public relation. Sayangnya, peraturan seringkali berubah, baik peraturan dari pemerintah, perusahaan, maupun mitra kerja. Public relation harus siap menghadapi perubahan peraturan tersebut sehingga bisa dengan cepat menyesuaikan diri.

Itulah beberapa kendala public relation yang sering muncul dalam sebuah perusahaan. Kendala tersebut harus mendapat perhatian khusus agar tidak menimbulkan masalah yang berkepanjangan. Oleh karena itu, penting bagi public relation untuk menyiapkan rencana terkait solusi pemecahan kendala yang mungkin muncul.

Baca Juga: Tips Menjaga Hubungan dengan Pelanggan