Tips Menjaga Hubungan dengan Pelanggan

Facebook
Twitter
LinkedIn
Hubungan Dengan Pelanggan

Hubungan dengan pelanggan adalah hal yang perlu dijaga oleh suatu perusahaan. Jika hubungan perusahaan dengan pelanggan dapat berjalan dengan baik, kemungkinan aktivitas di suatu perusahaan dapat berjalan baik pula. Karena itulah, sudah seharusnya hubungan baik dengan pelanggan harus mulai dibangun. Setelah hubungan baik terbangun, perusahaan juga harus menjaga hubungan baik tersebut.

Cara membina hubungan dengan pelanggan sangatlah beragam, terlebih di era digital seperti sekarang. Media sosial dapat menjadi salah satu sarana untuk membangun hubungan dengan pelanggan. Berikut ini adalah tips menjaga hubungan baik dengan pelanggan.

Baca juga : Penerapan Aplikasi Monitoring Pengadaan Barang

1. Memuaskan keinginan pelanggan

Setiap pelanggan pastinya menaruh harapan pada sebuah layanan atau produk dari suatu perusahaan. Karena itulah, sebuah perusahaan sudah seharusnya mengantisipasi hal tersebut. Perusahaan haruslah memberikan pelayanan yang prima. Artinya, pelayanan untuk konsumen haruslah maksimal sehingga pelanggan merasa puas.

2. Membangun komunikasi yang intens

Dalam memberikan pelayanan, perusahaan janganlah mendominasi arah komunikasi. Berikan kesempatan kepada pelanggan untuk menyampaikan keinginan bahkan keluhannya. Keinginan dan keluhan tersebut haruslah segera mendapat tanggapan. Adanya sikap cepat tanggap juga akan berdampak pada kepuasan pelanggan.

3. Meminta umpan balik dari pelanggan

Umpan balik dari pelanggan menjadi hal penting bagi perusahaan. Karena dari umpan balik tersebut, perusahaan akan memahami keinginan pelanggan. Perusahaan juga dapat mengetahui kekurangan atau kesalahan produk atau pelayanan. Umpan balik tersebut dapat berupa ulasan terkait kritik dan saran.

4. Memberikan penghargaan kepada pelanggan

Suatu perusahaan juga bisa memberikan penghargaan terhadap pelanggan, terutama yang telah menunjukkan loyalitas. Penghargaan tersebut wujudnya dapat beragam. Misalnya saja, diskon khusus untuk pelanggan atau adanya sistem poin untuk pembelian yang dapat ditukar dengan hadiah tertentu.

5. Menyampaikan produk dan layanan terbaru

Jika perusahaan memiliki produk atau layanan terbaru ada baiknya pelanggan yang loyal mendapat prioritas untuk mendapatkan informasi. Hal ini tentu akan berdampak pada psikologis pelanggan. Pelanggan akan senang dengan pelayanan tersebut dan tidak menutup kemungkinan pelanggan menjadi menginginkan produk atau layanan tersebut.

Pentingnya Menjaga Hubungan dengan Pelanggan

Jika berhasil membangun hubungan jangka panjang dengan pelanggan, perusahaan berarti telah menjalankan bisnis yang hebat. Hal ini karena menjaga relasi dengan pelanggan dapat berdampak baik terhadap semua lini. Perusahaan juga akan mendapatkan kepercayaan. Dengan adanya kepercayaan tersebut, pelanggan baru pun dapat bermunculan. Secara mendetail, berikut ini adalah manfaat menjaga hubungan baik dengan pelanggan.

1. Membantu memetakan karakteristik konsumen

Keakraban perusahaan dan pelanggan akan mendatangkan informasi yang lebih banyak. Perusahaan dapat memetakan informasi tersebut untuk mengenali karakteristik pelanggan. Jika tahu karakteristik pelanggan, tentu akan mudah membuat produk yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan mereka.

2. Meningkatkan brand awareness

Brand awareness merupakan tingkat pengakuan pelanggan terhadap suatu merek. Pengakuan tersebut dapat terbentuk karena adanya interaksi intens dari pelanggan terhadap merek suatu produk. Misalnya saja, pelanggan akan mengingat merek Indomie jika membahas produk mi instan.

3. Menumbuhkan citra baik perusahaan

Terciptanya ikatan yang baik dengan pelanggan dapat menumbuhkan citra baik perusahaan. Hal ini sebagai imbas dari testimoni dari pelanggan. Pelanggan yang mempunyai hubungan baik dengan suatu perusahaan tentu akan membicarakan hal yang baik tentang perusahaan tersebut kepada orang lain.

Manfaat tersebut tentunya tidak langsung terasa. Akan tetapi, perusahaan akan merasakannya secara bertahap. Karena begitu bermanfaatnya, sudah menjadi hal wajib bagi suatu perusahaan untuk membentuk ikatan yang kuat dengan pelanggan. Tidak sekadar untuk mencari keuntungan, tetapi juga untuk menunjukkan citra diri yang lebih baik.