Ingin Berbisnis? Anda Wajib Tahu 5 Jenis Lisensi Bisnis Ini

Facebook
Twitter
LinkedIn
Lisensi Bisnis

Apabila hendak membangun bisnis, Anda perlu mengetahui apa itu lisensi bisnis. Lisensi bisnis adalah pemberian izin dalam membangun bisnis. Adanya lisensi akan melindungi usaha dan produk yang ditawarkan dari berbagai masalah, terutama masalah hukum.

Baca juga: 5 Elemen Strategi Pemasaran untuk Dukung Penjualan

Jenis Lisensi Bisnis yang Wajib Anda Ketahui

Agar yakin untuk mengurusnya, Anda perlu mengetahui keuntungan lisensi bisnis. Keuntungan tersebut sama halnya dengan manfaat yang bisa diraih. Adapun manfaat lisensi bagi suatu perusahaan adalah sebagai berikut.

1. Lisensi Hak Kekayaan Intelektual

Lisensi HKI ini umumnya berkaitan dengan teknologi, seperti halnya software atau aplikasi. Adanya lisensi jenis ini memberikan perizinan pada pengguna agar bisa mengakses aplikasi atau software. Lisensi hak kekayaan intelektual tentu memiliki sejumlah peraturan. Misalnya saja, ada syarat penggunaan, pembaruan, atau ketentuan wilayah.

2. Lisensi Massal

Lisensi massal pada umumnya juga ditemukan pada aplikasi komputer. Adanya lisensi massal memungkinkan aplikasi digunakan secara perorangan tanpa melanggar ketentuan. Lisensi semacam ini biasanya ditulis dengan keterangan End User License Agreement atau EULA.

3. Lisensi Merek

Setiap merek dagang memang sebaiknya memiliki lisensi. Hal ini untuk meminimalkan adanya produk yang muncul dengan merek yang sama. Jika sudah memiliki lisensi, kemunculan produk yang sama bisa diselesaikan dengan jalur hukum.

4. Lisensi Hasil Karya Seni dan Karakter

Jika perusahaan menghasilkan suatu karya, lisensi hasil karya seni dan karakter tentu perlu dimiliki. Dengan lisensi tersebut, produk dari perusahaan akan terhindar dari plagiasi. Misalnya, buku yang memiliki lisensi tidak bisa sembarang diperbanyak tanpa adanya izin resmi. Jika dilakukan penggandaan, pelakunya bisa terjerat hukum.

5. Lisensi Bidang Pendidikan

Lisensi bidang pendidikan berkaitan dengan gelar akademik. Hal ini diperlukan juga untuk pengusaha yang melibatkan tenaga akademik dalam menjalankan bisnisnya. Contoh lisensi bisnis jenis ini adalah menggunakan jasa tenaga ahli untuk melakukan review produk. Jika reviewer memiliki lisensi yang jelas, tentu konsumen tidak ragu untuk memesan produk tersebut.

Pertimbangkanlah untuk menyiapkan lisensi jika Anda hendak membuka usaha. Dengan begitu, usaha akan lebih tertata.