Loyalitas Konsumen: 4 Jenis Kesetiaan terhadap Perusahaan

Facebook
Twitter
LinkedIn
loyalitas konsumen

Loyalitas konsumen adalah keinginan atau hasrat dari konsumen untuk menggunakan suatu produk secara berulang kali. Hal ini dapat terjadi karena konsumen mendapatkan pengalaman yang baik saat menggunakan produk tersebut. Dengan kata lain, kunci dari pelanggan loyal atau setia adalah pelanggan merasa puas dengan produk yang ditawarkan perusahaan.

Indikator loyalitas konsumen tidak sekadar ditunjukkan dengan ingin menggunakan produk secara berulang kali. Namun, konsumen juga akan merekomendasikan produk tersebut kepada orang lain. Contoh loyalitas konsumen adalah ketika konsumen membeli makanan di suatu restoran dan ia merasa suka karena rasanya enak, ia akan kembali lagi ke restoran tersebut. Ia juga akan merekomendasikan restoran tersebut kepada saudara, kerabat, dan teman-temannya.

Baca Juga: Analisis SWOT: 4 Faktor Utama yang Memengaruhi Bisnis

Jenis Loyalitas Konsumen yang Perlu Dipahami

Dalam bisnis, ada empat jenis loyalitas pelanggan yang perlu diketahui. Adapun keempat jenis tersebut adalah sebagai berikut.

No Loyalty

Pelanggan dikategorikan masuk ke dalam jenis ini bila hasrat untuk membeli produk yang sama begitu lemah. Hal ini dapat terjadi karena pelanggan merasa tidak cocok dengan produk yang ditawarkan oleh perusahaan. Pelanggan akan beralih ke produk yang dirasa sesuai dengan dirinya.

Inertia Loyalty

Inertia loyalty dapat terjadi jika konsumen membeli produk secara berulang kali karena merasa cocok dengan kebutuhan. Mereka tidak mau menggunakan produk dari merek lain. Perusahaan bisa menjaga loyalitas konsumen tipe ini dengan tidak membuat mereka merasa kecewa.

Latent Loyalty

Pada jenis ini, pelanggan memang melakukan pembelian ulang terhadap produk perusahaan. Akan tetapi, pembelian tersebut dilakukan dengan tidak sukarela. Pelanggan akan membeli produk secara ulang karena situasi atau kondisi tertentu yang memang harus menggunakan produk tersebut.

Premium Loyalty

Jenis loyalitas yang satu ini menjadi tingkatan tertinggi pada kesetiaan pelanggan. Pelanggan akan melakukan pembelian secara berulang karena memang merasa tertarik dan terikat pada produk. Pelanggan pun akan mereferensikan produk ke orang lain tanpa diminta.

Anda harus menjaga kesetiaan pelanggan karena dapat berpengaruh terhadap masa depan perusahaan. Salah satu upaya yang bisa dilakukan adalah dengan mengadakan program loyalty dengan memberikan reward tertentu kepada pelanggan setia.