Marketing Campaign: Langkah Nyata untuk Memajukan Bisnis

Facebook
Twitter
LinkedIn
Marketing Campaign

Kampanye marketing atau marketing campaign adalah strategi untuk mempromosikan bisnis dengan menonjolkan aspek tertentu. Strategi ini bukanlah strategi utama dalam pemasaran. Contoh marketing campaign ditunjukkan oleh iklan Tolak Angin dengan slogan Orang pintar minum Tolak Angin.

Ada berbagai media yang bisa dimanfaatkan untuk membangun kampanye marketing, seperti selebaran, baliho, atau media elektronik. Jika mampu memaksimalkannya, kampanye marketing akan mendatangkan manfaat bagi bisnis. Adapun manfaat kampanye marketing adalah sebagai berikut.

  • Menjadikan brand makin populer: Kampanye marketing dapat menjadikan brand makin populer. Terlebih lagi, jika kampanye marketing dibuat antimainstream dengan menggunakan slogan yang menarik dan mudah diingat.
  • Mendapatkan leads: Kampanye marketing juga berdampak pada perusahaan yang mendapatkan leads. Artinya, orang-orang akan tertarik dengan produk yang ditawarkan. Mereka akan dengan sukarela memberikan kontak kepada perusahaan.
  • Meningkatkan jumlah penjualan: Leads yang diperoleh perusahaan akan meningkatkan jumlah penjualan. Bahkan, pelanggan pun akan menunggu hadirkan produk baru yang lebih inovatif.

Baca Juga: Inbound Marketing: Jadikan Pemasaran Makin Efektif

Membuat Marketing Campaign

Apabila hendak memanfaatkan teknologi, perusahaan Anda dapat membangun digital marketing campaign. Apapun jenis marketing yang hendak Anda buat, silakan ikuti langkah-langkah berikut ini.

Tahap merencanakan

Agar kampanye marketing berjalan dengan baik dan lancar, Anda perlu menyiapkan rancangannya dengan baik. Anda bisa memulainya dengan menentukan tujuan yang hendak dicapai. Kemudian, pastikan juga Anda dapat mengukur hasil dari kampanye marketing. Target audiens juga harus ditentukan agar kampanye lebih fokus dilakukan. Terakhir, tentukan konsep yang hendak digunakan dalam kampanye.

Tahap menerapkan

Setelah perencanaan matang, Anda akan memasuki tahap penerapan. Anda bisa memulainya dengan memikirkan cara menjangkau audiens yang menjadi target pemasaran. Di samping itu, Anda perlu juga menentukan cara serta waktu yang tepat untuk menjalankan kampanye marketing. Pastikan juga Anda menyiapkan cara agar konsumen mau membeli atau menggunakan produk.

Tahap menganalisis

Tahap terakhir adalah menganalisis penerapan kampanye marketing. Analisis dilakukan untuk mengetahui apakah kampanye yang dilakukan sukses atau tidak. Oleh karena itu, Anda harus bisa menentukan indikator kesuksesan kampanye marketing. Selain itu, Anda bisa melihat faktor-faktor penyebab kegagalan dan kesuksesan kampanye marketing sehingga bisa dijadikan bahan evaluasi. Kemudian, analisis juga bertujuan untuk mendapatkan data yang bermanfaat untuk kemajuan bisnis Anda.

Jadikanlah kampanye marketing sebagai pendukung proses pemasaran di perusahaan Anda. Ikuti langkah-langkah yang sudah dijelaskan sebelumnya untuk mendapatkan hasil yang maksimal.