Memahami 5 Jenis Content Writing untuk Digital Marketing

Facebook
Twitter
LinkedIn
Memahami 5 Jenis Content Writing untuk Digital Marketing

Content writing adalah kepenulisan konten yang digunakan untuk menginformasikan atau mengedukasi pembaca. Jenis kepenulisan ini sering dimanfaatkan dalam pemasaran digital. Dalam pemanfaatannya, istilah ini sering disandingkan dengan copywriting. Padahal, keduanya berbeda.

Perbedaan copywriting dan content writing secara mendasar terletak pada kesan yang didapatkan oleh pembaca. Copywriting terkesan memberikan bujukan kepada pembaca. Sementara itu, konten artikel sekadar memberikan kesan yang informatif. Untuk lebih jelasnya, Anda bisa melihat contoh content writing.

Baca juga: SEO Marketing: Tingkatkan Penjualan untuk Pertumbuhan Bisnis

Jenis Content Writing untuk Digital Marketing

Banyak perusahaan yang mulai belajar content writing karena dapat menunjang pemasaran digital. Bahkan, ada perusahaan yang secara khusus mempekerjakan seorang content writer. Untuk mempelajarinya, Anda perlu mengenali jenis-jenisnya terlebih dahulu.

1. Article Writing

Artikel biasanya dibagikan melalui blog perusahaan untuk menaikkan traffic website. Topik yang dapat dibahas dalam artikel dapat berupa informasi yang relevan dengan produk atau brand. Di samping itu, artikel blog juga dapat menjadi media untuk mengedukasi konsumen. Biasanya, artikel ditulis dengan keyword tertentu agar mudah ditemukan konsumen.

2. Newsletter

Konten newsletter lebih bersifat personal karena dikirimkan melalui email. Biasanya, konten ini dipersonalisasi dengan menyebutkan nama konsumen sehingga lebih komunikatif dan terkesan bersahabat. Konten semacam ini dapat berisi pemberitahuan tentang produk. Terkadang, konten berisi penawaran, diskon, atau promo produk terbaru.

3. Press Release

Jenis konten ini akan disiarkan melalui media dengan tujuan membangun citra positif perusahaan. Bentuknya dapat berupa catatan, rekapan, atau laporan kegiatan. Secara detail, dalam press release memuat tema acara hingga rangkaian kegiatan. Biasanya, press release dibuat oleh suatu perusahaan setelah mengadakan event tertentu yang dianggap berkesan.

4. Ebooks

Perusahaan membuat ebooks dengan tujuan untuk membahas sesuatu dengan lebih mendalam. Hal ini dapat berupa spesifikasi dan cara penggunaan produk atau katalog produk. Dengan kata lain, ebooks dimanfaatkan untuk memberikan informasi dan edukasi kepada audiens. Perusahaan akan memasang ebooks di website sehingga bisa diunduh dengan mudah.

5. Script Writing

Script writing adalah tulisan yang dibuat untuk konten video yang dimanfaatkan sebagai media promosi. Dalam menulis script, penulis harus memberikan keterangan secara detail layaknya naskah drama. Dalam naskah script sebaiknya dituliskan tindakan, adegan, narrator jika ada agar lebih mudah dipahami oleh content creator ketika memproduksi video.

Konten artikel dapat mendukung pemasaran dan penjualan di perusahaan, terlebih jika perusahaan Anda memiliki website. Di samping itu, dengan konten artikel yang bagus, website perusahaan Anda juga akan terkesan lebih profesional.