Ragam Metode Evaluasi Pengadaan Barang dan Jasa

Facebook
Twitter
LinkedIn
metode evaluasi pengadaan barang

Metode evaluasi pengadaan barang dan jasa menjadi hal penting bagi suatu perusahaan. Perusahaan membutuhkannya demi kelancaran proses pengadaan barang dan jasa. Evaluasi dalam pengadaan bertujuan untuk mengukur dan menilai tingkat keberhasilan dalam proses pengadaan barang dan jasa.

Karena penting, perusahaan haruslah metode evaluasi untuk pengadaan barang. Dengan mengenalinya, perusahaan akan lebih mudah dalam menerapkannya. Selain itu, penilaian terhadap proses pengadaan juga akan lebih jelas.

Contoh Metode Evaluasi Pengadaan Barang dan Jasa

Metode evaluasi pengadaan barang dan jasa ada beragam. Setiap jenis metode evaluasi pengadaan barang dan jasa tentu memiliki karakteristik yang berbeda. Berikut ini adalah metode metode yang digunakan dalam pengadaan barang.

Sistem Nilai

Metode evaluasi sistem nilai berfungsi untuk mengevaluasi pengadaan barang dan jasa dengan memperhitungkan penilaian teknis dan harga sesuai dengan ketentuan. Metode evaluasi ini dilakukan dengan cara sebagai berikut.

  • Evaluasi terhadap penawaran dilakukan dengan memberikan bobot penilaian terhadap teknis dan harga.
  • Evaluasi terhadap administrasi dilakukan dengan menerapkan sistem gugur.
  • Penilaian teknis dilakukan dengan memberikan bobot terhadap setiap unsur penilaian hingga memenuhi ambang batas minimal.
  • Penilaian penawaran harga dengan cara memberikan nilai tertinggi kepada penawar yang mengajukan harga terendah.

Baca Juga: Membangun Branding Perusahaan Melalui Media Sosial

Penilaian Biaya Selama Umur Ekonomis

Penilaian biaya selama umur ekonomis adalah metode evaluasi yang berfungsi dalam pengadaan barang dan jasa untuk memperhatikan faktor ekonomis, harga, biaya operasional, biaya pemeliharaan, dan nilai siswa jangka waktu operasi tertentu. Adapun bentuk penerapan metode yang satu ini adalah sebagai berikut.

  • Evaluasi administrasi dan teknis yang berlaku menggunakan sistem gugur.
  • Evaluasi harga dilakukan dengan memperhitungkan total biaya perolehan selama jangka waktu operasi kemudian dikonversikan ke dalam harga sekarang.
  • Pemenang adalah yang memiliki biaya selama umur ekonomis paling rendah.

Harga Terendah

Metode evaluasi harga terendah berlaku juga untuk pengadaan barang dan jasa dengan berpatokan pada harga penawaran yang memenuhi persyaratan. Metode ini dilakukan dengan cara sebagai berikut.

  • Penetapan pemenang berdasarkan persyaratan administrasi, teknis, dan penawaran harga terendah dari peserta tender.
  • Evaluasi administrasi menggunakan sistem gugur.
  • Evaluasi teknis menggunakan sistem gugur atau sistem gugur dengan ambang batas.

Baca Juga: Beragam Kendala Public Relation dan Cara Mengatasinya