Pahami 4 Manfaat Brand Identity bagi Bisnis Anda!

Brand identity

Brand identity adalah unsur identitas yang tampak dari sebuah brand. Identitas brand menjadi pembeda antara satu brand dengan brand yang lain. Secara garis besar terdapat dua elemen brand identity, yaitu elemen visual dan elemen nonvisual. Elemen visual berkaitan dengan unsur-unsur yang terlihat dari sebuah brand, seperti logo, tipografi, dan warna. Sementara itu, elemen nonvisual berupa … Read more

Komunikasi Bisnis: Kenali Indikator Keberhasilannya

Komunikasi bisnis

Komunikasi bisnis adalah proses pertukaran informasi yang dapat berupa opini atau ide, baik di dalam maupun di luar perusahaan. Karena itulah, komunikasi ini dapat melibatkan karyawan, pelanggan, dan relasi bisnis. Dari penjelasan tersebut diketahui bahwa fungsi komunikasi bisnis adalah untuk bertukar informasi sehingga meminimalkan miskomunikasi. Di samping itu, adanya komunikasi ini dapat meningkatkan hubungan dengan … Read more

Pebisnis Harus Tahu! 7 Faktor Penyebab Kegagalan Usaha

Pebisnis harus tahu! 7 faktor penyebab kegagalan usaha

Anda tentu tidak ingin mengalami kegagalan usaha dalam berbisnis, bukan? Maka dari itu, bisnis Anda harus dipersiapkan dengan baik. Persiapan yang matang menjadi kunci sukses dalam berbisnis. Selain itu, Anda perlu memahami dengan baik faktor kegagalan usaha. Salah satu faktor kegagalan usaha adalah tidak adanya manajemen yang baik. Memang, pada umumnya kegagalan usaha lebih banyak … Read more

Storytelling Marketing: Lakukan Pemasaran dengan Bercerita

Storytelling marketing

Anda sudah pernah mendengar storytelling marketing? Storytelling marketing adalah narasi yang digunakan sebagai bentuk pemasaran produk. Tujuan dari strategi ini adalah memotivasi konsumen untuk membuat keputusan membeli produk yang ditawarkan oleh perusahaan.  Strategi pemasaran dengan bercerita memberikan beberapa manfaat juga bagi perusahaan. Misalnya saja, lewat strategi ini memungkinkan brand awareness meningkat. Di samping itu, strategi … Read more

Manajemen Penjualan: Mempermudah untuk Mencapai Target

Manajemen penjualan: mempermudah untuk mencapai target

Manajemen penjualan atau sales management adalah bagian penting dalam proses pemasaran bisnis. Memangnya, apa itu sales management? Manajemen penjualan adalah serangkaian proses yang terdiri dari perencanaan, penyusunan strategi, penerapan strategi, serta monitoring dan evaluasi penjualan agar target yang sudah ditentukan dapat tercapai. Sementara itu, tujuan dari sales management adalah untuk membantu mencapai tujuan penjualan serta … Read more

Tingkatkan Bisnis dengan Menerapkan Strategi Pemasaran 4P

Strategi pemasaran 4p

Strategi pemasaran 4P produk menjadi salah satu strategi pemasaran yang populer. Lantas, apa yang dimaksud strategi pemasaran 4P? Strategi pemasaran 4P adalah strategi pemasaran yang terdiri dari empat unsur atau elemen, yaitu product, price, place, dan promotion. Strategi ini kerap pula disebut sebagai marketing mix 4P. Awal mulanya, konsep pemasaran ini dicetuskan oleh Neil Borden … Read more

5 Manfaat Komunikasi Pemasaran Beserta Contohnya

5 manfaat komunikasi pemasaran beserta contohnya

Marketing communication (marcom) atau komunikasi pemasaran adalah pesan atau media yang digunakan perusahaan untuk berkomunikasi dengan target audiens. Kegiatan branding, public relation, iklan, pemaksimalan media sosial untuk bisnis, hingga pengemasan menjadi bagian dari strategi komunikasi pemasaran. Fungsi dari marketing communication adalah sebagai media untuk menyampaikan pesan kepada konsumen. Dengan demikian, konsumen dapat memahami produk yang … Read more

Rekomendasi 7 Aplikasi Marketing Terbaik untuk Bisnis

Aplikasi marketing

Aplikasi marketing adalah aplikasi yang digunakan untuk membantu menyukseskan pemasaran, memperluas target pasar, serta menggaet pelanggan. Penggunaan software pemasaran diharapkan mampu memberikan keuntungan bagi bisnis dengan menghindari melakukan tugas berulang sehingga aktivitas produksi bisa meningkat.  Melalui software marketing, perusahaan dapat juga mengidentifikasi perilaku pelanggan, peluang bisnis, hingga tren yang sedang terjadi. Bahkan, aplikasi pemasaran dapat … Read more

Strategi Marketing Mix: Pemasaran dengan Elemen 7P

Strategi marketing mix: pemasaran dengan elemen 7p

Anda pasti sudah familiar dengan apa itu strategi marketing mix atau bauran pemasaran, bukan? Strategi marketing mix adalah strategi pemasaran yang menggabungkan beberapa elemen secara terpadu. Teori strategi marketing mix dicetuskan oleh Neil Borden yang terinspirasi dengan jurnal yang ditulis oleh James Culliton. Bauran pemasaran memiliki fungsi, tujuan, dan manfaat. Adapun fungsi dari bauran pemasaran … Read more

Strategi Market Driven: Fokus terhadap Target yang Jelas

Market driven

Apa itu market driven? Strategi market driven adalah strategi pemasaran yang menyasar hanya pada sekelompok pelanggan. Karena itulah, untuk menerapkan strategi ini, perusahaan harus memahami kebutuhan pelanggan dengan baik. Dengan begitu, produk dan promosi yang dilakukan dapat tepat sasaran. Dewasa ini banyak perusahaan yang memanfaatkan strategi pemasaran yang satu ini. Pasalnya, dengan target pelanggan yang … Read more

Flywheel Marketing: Fokus pada Pengalaman Pelanggan

Flywheel marketing: fokus pada pengalaman pelanggan

Beberapa perusahaan memilih mengembangkan bisnis dengan memperhatikan kepentingan pelanggan sehingga mereka memanfaatkan strategi flywheel marketing. Sudah ada gambaran apa itu flywheel marketing? Flywheel marketing adalah strategi pemasaran yang berfokus untuk memberikan pengalaman yang menyenangkan kepada pelanggan. Lantas apa bedanya dengan marketing funnel? Pada strategi marketing funnel, pelanggan dijadikan sebagai output sehingga sudah dianggap tidak penting … Read more

Mencari Tahu Lebih Lanjut Apa Itu Internet Marketing

Internet marketing

Apa itu internet marketing? Internet marketing adalah strategi pemasaran yang memanfaatkan internet untuk mempromosikan produk. Strategi ini dapat dilakukan dengan berbagai saluran digital, seperti website, email, dan media sosial. Internet marketing tool yang dianggap paling besar pengaruhnya adalah website. Pasalnya, perusahaan bisa melakukan optimasi dengan SEO (search engine optimization) dan mengemasnya dalam desain yang menarik. … Read more