4 Peran Humas bagi Perusahaan! Tak Melulu Jadi Komunikator

Facebook
Twitter
LinkedIn
peran humas

Sebagian orang memahami bahwa peran humas adalah menjalin hubungan dengan pihak luar perusahaan. Hal tersebut tidaklah salah, tetapi dirasa kurang tepat. Pasalnya, divisi humas juga memegang peranan penting dalam sebuah perusahaan.

Humas atau hubungan masyarakat adalah bagian dari perusahaan yang menyusun strategi untuk berkomunikasi di dalam dan di luar perusahaan. Tidak semua perusahaan memiliki divisi humas karena dianggap tidak terlalu penting. Padahal, hal ini tidak benar.

Apa Saja yang Menjadi Peran Humas?

Sebuah perusahaan sejatinya membutuhkan divisi humas, terlebih di era digital seperti sekarang. Peran humas di era digital dapat menjembatani berbagai hal terkait komunikasi, baik di dalam lingkup perusahaan maupun di luar perusahaan. Berikut ini adalah peran humas dalam perusahaan yang wajib untuk diketahui.

Baca Juga: Pahami Perilaku Konsumen untuk Tingkatkan Penjualan

Memberikan nasihat

Salah satu tugas humas adalah memberikan nasihat. Hal ini dilakukan apabila terjadi permasalahan di perusahaan. Humas bisa dijadikan tempat menyampaikan permasalahan hingga meminta solusi. Oleh karena itu, pemegang posisi humas haruslah bersikap bijaksana agar bila terjadi masalah bisa bersikap adil dan tidak memihak.

Memfasilitasi komunikasi

Tugas humas tidak sekadar menjadi berkomunikasi, tetapi juga menjadi fasilitator dalam komunikasi. Artinya, divisi humas akan membantu perusahaan untuk berkomunikasi dengan pihak lain. Bisa jadi juga divisi humas menjadi fasilitator dalam perusahaan. Humas akan membantu karyawan dalam menyampaikan pesan kepada atasan.

Menangani masalah

Peran humas dalam menangani masalah perusahaan juga berupa fasilitator. Humas akan menjadi pihak ketiga yang menjembatani pihak-pihak yang bermasalah dalam perusahaan. Di samping itu, humas pun sebisa mungkin memberikan solusi atas masalah yang terjadi. Solusi yang diberikan dapat berupa saran yang bisa dipertimbangkan perusahaan.

Menjadi teknisi komunikasi

Humas juga berperan sebagai teknisi komunikasi bagi perusahaan. Artinya, humas bertugas menyediakan berbagai layanan komunikasi yang mudah diakses. Humas bisa mengoptimalkan komunikasi online jika diperlukan, seperti memaksimalkan konten media sosial hingga layanan pesan melalui aplikasi.

Dari penjelasan tersebut diketahui bahwa divisi humas penting bagi sebuah perusahaan. Sudahkah perusahaan Anda memilikinya?