Prinsip Etika Bisnis: Pahami Manfaat dan Tujuannya!

Facebook
Twitter
LinkedIn
Prinsip Etika Bisnis Pahami Manfaat dan Tujuannya!

Para pebisnis tentu tidak asing dengan prinsip etika bisnis. Prinsip etika bisnis adalah prinsip yang berkaitan dengan aturan moral saat menjalankan sebuah bisnis. Dengan kata lain, etika bisnis menjadi standar yang harus dipenuhi dalam menjalankan kegiatan bisnis. Adanya etika bisnis akan membuat kegiatan operasional menjadi lebih teratur. Lantas, apa saja prinsip-prinsip etika bisnis?

Etika bisnis yang bisa diterapkan di sebuah perusahaan adalah berintegritas, jujur, loyal, adil, taat hukum, akuntabel, dan saling menguntungkan. Integritas yang bisa diterapkan adalah tidak berusaha menggapai untung sebesar-besarnya dengan menghalalkan segala cara. Kemudian, perusahaan harus menjunjung kejujuran kala berinteraksi, baik di lingkungan internal maupun eksternal perusahaan. 

Pastikan juga seluruh warga perusahaan memiliki loyalitas untuk menjaga kerahasiaan perusahaan. Kemudian, bagi pemegang kekuasaan, tidak berlaku sewenang-wenang terhadap bawahannya. Perusahaan juga harus taat terhadap atau regulasi yang sudah ditetapkan. Perusahaan juga harus berprinsip untuk saling menguntungkan sehingga senantiasa menghadirkan produk berkualitas.

Memahami Tujuan dan Manfaat Prinsip Etika Bisnis

Penerapan prinsip etika bisnis dapat dimulai ketika perusahaan menjelaskan produk kepada konsumen. Misalnya saja, tim marketing memberikan penjelasan tentang suatu produk dengan jujur, terkait bahan yang digunakan. Hal ini akan menimbulkan rasa percaya konsumen terhadap perusahaan sehingga tidak ragu untuk membeli produk yang ditawarkan.

Segenap sumber daya manusia yang menerapkan etika bisnis tentu akan menghindari tindakan-tindakan yang merugikan perusahaan. Sebagai contoh, karyawan akan mengerjakan tugas yang dibebankan kepadanya semaksimal mungkin. Kemudian, karyawan juga akan menolak praktik suap. Di samping itu, jika sudah resign, ia tidak akan membocorkan rahasia perusahaan kepada pihak lain dan tetap menjaga nama baik perusahaan.

Baca juga: Sistem Pergudangan: Pahami 8 Prosesnya agar Lebih Tertata

Penerapan etika bisnis bertujuan untuk menjaga keteraturan di perusahaan. Di samping itu, tujuan dari penerapan etika bisnis adalah membangun sistem moral yang dapat memandu segenap sumber daya manusia dalam perusahaan dalam berperilaku di perusahaan. 

Jika tujuan-tujuan tersebut tercapai, tentu manfaat atau profit penerapan etika bisnis dapat dirasakan. Manfaat yang mungkin paling terasa adalah seluruh aktivitas bisnis akan berjalan dengan baik dengan hanya sedikit hambatan. Konsumen pun akan menaruh rasa percaya kepada perusahaan karena senantiasa memberikan pelayanan dan produk yang berkualitas.

Karena setiap perusahaan memiliki budaya yang berbeda-beda, cara menerapkan prinsip etika bisnis pun berbeda. Silakan sesuaikan dengan budaya di perusahaan Anda untuk mendapatkan manfaatnya secara maksimal.