Strategi Marketing Mix: Pemasaran dengan Elemen 7P

Facebook
Twitter
LinkedIn
Strategi Marketing Mix: Pemasaran dengan Elemen 7P

Anda pasti sudah familiar dengan apa itu strategi marketing mix atau bauran pemasaran, bukan? Strategi marketing mix adalah strategi pemasaran yang menggabungkan beberapa elemen secara terpadu. Teori strategi marketing mix dicetuskan oleh Neil Borden yang terinspirasi dengan jurnal yang ditulis oleh James Culliton.

Bauran pemasaran memiliki fungsi, tujuan, dan manfaat. Adapun fungsi dari bauran pemasaran adalah mendistribusikan produk dan menyimpan produk, melakukan pertukaran produk, serta menjadi perantara antara produsen dan konsumen. Sementara itu, tujuannya adalah menjadi bentuk pemasaran langsung, periklanan, sekaligus promosi produk.

Manfaat dari bauran pemasaran adalah dapat membuat alokasi sumber daya dan tanggung jawab. Di samping itu, strategi pemasaran ini juga memudahkan dalam proses analisis keuangan. Bauran pemasaran juga dapat memfasilitasi proses komunikasi dalam perusahaan.

Baca juga: 5 Langkah Membuat Content Pillar yang Tepat

Memahami Strategi Marketing Mix 7P

Sesuai dengan namanya, strategi marketing mix 7P memiliki tujuh elemen sebagai berikut.

  1. Product: Produk adalah barang atau jasa yang ditawarkan kepada pelanggan sebagai sebuah solusi. Perusahaan perlu melakukan riset pasar agar produk yang dihasilkan atau dikembangkan sesuai dengan kebutuhan konsumen.
  2. Price: Dalam menentukan harga produk, perusahaan harus mempertimbangkan apakah konsumen mau membayar besar biaya tersebut untuk produk yang ditawarkan. Maka dari itu, harga berbanding lurus dengan kualitas produk.
  3. Place: Elemen ini berkaitan dengan pusat distribusi produk kepada pelanggan. Lebih baik pusat distribusi berlokasi di tempat yang mudah dijangkau oleh sasaran perusahaan. Bila memungkinan, toko memang dibangun di lokasi strategis.
  4. Promotion: Promosi mengacu pada strategi yang digunakan untuk mendapat perhatian dari pelanggan. Anda bisa mengamati kompetitor sebagai pembanding. Promosi juga didasarkan pada platform yang digunakan.
  5. People: Elemen people berkaitan dengan orang berkaitan dengan strategi pemasaran, yaitu tim marketing. Perusahaan harus merekrut anggota tim marketing yang kompeten. Pelanggan pun menjadi bagian dari elemen ini.
  6. Process: Proses menjadi elemen penting untuk membangun serta meningkatkan kualitas pelayanan terhadap pelanggan. Anda harus memastikan bawa proses pemasaran berjalan dengan baik meski ada tantangan yang menghadang.
  7. Physical Evidence: Bukti fisik mengacu terhadap hal yang dapat dilihat oleh konsumen. Yang termasuk bukti fisik adalah kemasan hingga lingkungan. Pastikan bahwa bukti fisik memenuhi standar yang ada sebagai nilai tambah.

Terapkanlah strategi pemasaran yang satu ini untuk membantu meningkatkan penjualan produk perusahaan.