7 Strategi Pemasaran Online yang Wajib untuk Dicoba!

Facebook
Twitter
LinkedIn
Strategi Pemasaran Online

Di era serba teknologi seperti sekarang, rasanya mencoba strategi pemasaran online tidak ada salahnya. Pemasaran online adalah promosi yang dilakukan dengan memanfaatkan media digital dengan berbasis internet. Tujuan dari pemasaran online adalah meningkatkan pendapatan serta menjalin hubungan dengan konsumen.

Kekurangan pemasaran online yang perlu diperhatikan adalah kurang maksimal dalam memanfaatkan media. Hal ini karena pengguna tidak memiliki pengetahuan yang cukup terkait media yang digunakan. Untuk itu, sebelum menerapkan strategi pemasaran online perlu untuk mempelajari medianya. Di sisi lain, pemasaran online memiliki beberapa kelebihan. Adapun kelebihan pemasaran online adalah sebagai berikut.

  1. Jangkauan target lebih jauh karena pemanfaatan platform online seakan menghapus sekat geografis.
  2. Biaya cenderung lebih rendah karena tidak lagi memerlukan biaya akomodasi dan transportasi.
  3. Hasil pemasaran lebih terukur karena tersedia analisis terkait konten yang digunakan untuk promosi.

BACA JUGA: WIRAUSAHA DAN WIRASWASTA: TAHUKAH ANDA 5 PERBEDAANNYA?

Apa Saja Jenis Strategi Pemasaran Online yang Wajib Dicoba?

Jenis-jenis pemasaran online ada beragam. Sebelum menerapkannya, sebaiknya Anda mengetahuinya terlebih dahulu.

Search Engine Optimization (SEO)

Cara kerja SEO adalah meningkatkan peringkat website bisnis supaya berada di halaman pertama mesin pencarian. Hal tersebut dapat dilakukan dengan membuat konten yang memuat keyword yang menjadi target. Kemudian, pada konten yang dimaksud juga dilakukan optimasi dengan menambahkan link.

Search Engine Marketing (SEM)

Secara garis besar SEM tidak berbeda jauh dengan SEO. SEO dan SEM sama-sama memanfaatkan keyword tertentu untuk berada pada halaman pertama pencarian. Bedanya, SEO mendapatkan peringkat di halaman pertama secara organik, sedangkan SEM tidak demikian. SEM juga berbayar sehingga selalu berada di halaman depan.

Iklan Pay per Click (PPC)

Iklan PPC menjadi salah satu media pemasaran online yang efektif. Jenis iklan ini dapat dipasang di website atau media sosial. Iklan yang demikian akan muncul sesuai dengan aktivitas pengguna yang menjadi target. Anda pun hanya akan membayar berdasarkan jumlah klik yang masuk.

Content Marketing

Konten marketing yang dapat dimanfaatkan untuk promosi online sangatlah beragam. Anda bisa membuat artikel, infografis, gambar, video, foto, dan sebagainya. Konten marketing yang tepat dapat menjadi daya tarik tersendiri bagi target bisnis. 

Media Sosial

Jika hendak menggunakan media sosial, Anda bisa mempertimbangkan cara organik atau iklan berbayar. Untuk cara organik, perusahaan harus menyiapkan konten yang menarik dan juga melakukan riset. Sementara itu, untuk iklan berbayar sudah tentu perusahaan harus menyiapkan anggaran khusus.

Email Marketing

Sesuai dengan namanya, strategi ini memang memanfaatkan email untuk membantu pemasaran. Email marketing biasanya berisi penawaran produk terbaru, promo, hingga penawaran kerja sama. Dengan adanya email marketing, perusahaan bisa menjalin kedekatan dengan konsumen secara personal.

Inbound Marketing

Strategi marketing ini diterapkan dengan melihat kebiasaan target bisnis dalam memanfaatkan internet. Inbound marketing berupaya menarik minat konsumen dengan konten solutif yang relevan. Hal ini bisa dilakukan dengan membuat konten di media yang paling sering digunakan oleh konsumen. Selain itu, dapat juga dilakukan dengan berbaur di komunitas yang relevan.

Itulah sederet pilihan strategi pemasaran online yang bisa Anda gunakan. Pilihlah yang paling sesuai dengan perusahaan Anda.

BACA JUGA: JENIS JENIS PEMASARAN SEBAGAI PENUNJANG AKTIVITAS PERUSAHAAN