Jenis Jenis Pemasaran sebagai Penunjang Aktivitas Perusahaan

Facebook
Twitter
LinkedIn
Jenis Jenis Pemasaran

Mengenal jenis jenis pemasaran menjadi langkah awal bagi sebuah perusahaan untuk menyusun strategi penjualan. Konsep pemasaran mengarah pada pemenuhan kebutuhan pasar. Dengan kata lain, pemasaran adalah kegiatan terencana yang dilakukan oleh perusahaan untuk memenuhi permintaan konsumen.

Tujuan pemasaran adalah untuk mendapatkan keuntungan maksimal. Oleh karena itu, perusahaan perlu memiliki strategi pemasaran yang tepat. Sebelum menentukan strategi, perusahaan bisa mengenali terlebih dahulu jenis jenis pemasaran. Apa saja kira-kira jenisnya?

Baca juga: Apa Itu Customer Engagement? Cari Tahu Cara Membangunnya

Jenis Jenis Pemasaran yang Wajib Anda Ketahui

Jenis jenis pemasaran dapat menjadi dasar untuk menentukan strategi penjualan yang tepat untuk produk perusahaan. Untuk itulah, penting bagi perusahaan untuk mengetahuinya. Perhatikanlah jenis marketing yang bisa diterapkan perusahaan berikut.

1. Word of Mouth Marketing

Jenis pemasaran offline ini berupa penyebaran informasi produk secara verbal dari konsumen. Konsumen memperkenalkan produk kepada orang terdekat dan seterusnya. Dapat dikatakan promosi yang demikian terbilang efektif meskipun terkadang dampaknya tidak begitu besar.

2. Public Relation Marketing

Perusahaan dapat melakukan proses pemasaran dengan bekerja sama dengan media atau sering disebut public relation marketing. Media akan mengangkat kelebihan dari produk perusahaan. Hal ini akan berdampak pada brand awareness atau kesadaran produk. Dengan kata lain, public relation marketing termasuk jenis pemasaran tidak langsung.

3. Relationship Marketing

Relationship marketing menjadi salah satu jenis pemasaran langsung. Penting bagi suatu perusahaan untuk menjalin hubungan dengan konsumen. Hubungan baik tersebut dapat menjadi alasan bagi konsumen untuk yakin memilih produk perusahaan.

4. Digital Marketing

Sesuai dengan namanya, digital marketing termasuk jenis pemasaran online. Pemasaran ini memaksimalkan segala potensi internet. Jenis pemasaran digital dapat memanfaatkan media sosial, marketplace, atau website. Dibutuhkan kreativitas agar perusahaan tidak kalah bersaing.

5. Multilevel Marketing

Multilevel marketing adalah jenis pemasaran langsung yang melibatkan banyak orang. Perusahaan akan melakukan perekrutan secara besar-besaran untuk menjual produk. Mereka yang mau menjual produk akan mendapatkan komisi atas penjualannya.

Menurut Anda, manakah jenis marketing yang paling sesuai untuk perusahaan Anda? Pastikan Anda memilih strategi yang tepat agar penjualan Anda berhasil. Tidak lupa juga persiapkan hal-hal lain yang diperlukan agar pemasaran makin maksimal.