Inilah 5 Strategi Promosi Online yang Terbukti Sukses

Facebook
Twitter
LinkedIn
Strategi Promosi Online

Di era digital seperti sekarang, strategi promosi online agaknya paling tepat diterapkan untuk membantu pemasaran. Strategi promosi online adalah upaya untuk memasarkan produk atau layanan dengan memanfaatkan media internet. Promosi online dinilai lebih efektif daripada pemasaran offline. Hal ini karena strategi pemasaran offline cenderung lebih mahal.

Contoh pemasaran online yang sering digunakan oleh perusahaan adalah website bisnis. Website bisnis dapat berisi produk-produk sehingga menyerupai katalog. Selain itu, untuk menambah performanya, pada website bisnis juga bisa ditambahkan konten artikel. Selain website, tentu masih banyak jenis jenis pemasaran online yang dapat dipilih.

Baca Juga: 5 Alasan Konten Marketing Penting! Sudah Tahukah Anda?

Jenis Strategi Promosi Online yang Efektif

Strategi promosi online dinilai efektif bukan hanya karena tidak memakan banyak biaya. Akan tetapi, jenis pemasaran ini juga dapat menjangkau lebih banyak target pasar. Hal inilah yang membuat perusahaan tidak ragu untuk menggunakannya. Berikut ini adalah jenis jenis pemasaran online yang bisa dipilih.

  • Content Marketing

Strategi content marketing dapat memanfaatkan media sosial yang paling banyak digunakan oleh target pasar. Bentuk kontennya pun bisa beragam dengan menyesuaikan kebutuhan serta media yang digunakan. Misalnya, konten berupa infografik atau video singkat.

  • Mobile Marketing

Tidak bisa dipungkiri bahwa masyarakat kini tidak bisa dilepaskan dari smartphone. Karena itulah, mobile marketing adalah pilihan tepat untuk promosi. Anda dapat membuat website dengan format yang enak dibaca dalam versi mobile.

  • Affiliate Marketing

Strategi marketing berupa kerja sama dua pihak yang saling menguntungkan. Pada saat ini biasanya pebisnis memanfaatkan influencer untuk melakukan review produk mereka. Review tersebut dapat dilakukan melalui artikel blog atau video yang diunggah di YouTube. 

  • Search Engine Optimization (SEO)

Strategi SEO dilakukan dengan cara mengoptimalkan website yang dimiliki perusahaan. Biasanya, pada website akan ditempatkan keyword-keyword tertentu yang menjadikannya muncul di halaman pertama mesin pencarian. Pada website juga digunakan meta tags serta backlink.

  • Search Engine Marketing (SEM)

Sekilas SEM memanglah mirip dengan SEO. Hanya saja, SEM berupa iklan website yang selalu berada di posisi paling atas pada mesin pencarian. Sayangnya, SEM membutuhkan biaya yang lebih tinggi.

Segera saja terapkan strategi promosi online di perusahaan Anda untuk mendukung pemasaran sehingga target yang ditetapkan bisa tercapai!