Strategi Public Relations: Bangun Citra Positif Perusahaan

Facebook
Twitter
LinkedIn
Strategi Public Relations

Strategi public relations adalah cara public relations (PR) membangun komunikasi, baik secara internal maupun eksternal, dengan tujuan menciptakan citra positif perusahaan. Dalam upaya menyusun strategi komunikasi public relations, public relation sebagai fungsi manajemen perlu memperhatikan elemen-elemen penting yang membangunnya. Adapun elemen penting tersebut adalah sebagai berikut.

Baca juga : Keluhan Konsumen: Ketahui Faktor dan Cara Menanganinya

  • Sistem Komunikasi Perusahaan

Elemen ini dapat ditinjau dari cara berkomunikasi perusahaan, baik secara internal maupun eksternal. Komunikasi dengan internal tecermin dari hubungan antarkaryawan dalam perusahaan. Sementara itu, komunikasi eksternal terlihat dari hubungan dengan perusahaan lain.

  • Hubungan dengan Media

Membangun hubungan dengan media perlu dilakukan oleh sebuah perusahaan. Hubungan baik dengan media dapat membantu membangun citra positif perusahaan. Hal ini karena perusahaan dapat memastikan bahwa media bercerita tentang hal positif dari perusahaan.

  • Hubungan dengan Masyarakat

Penting juga rasanya bagi suatu perusahaan untuk membangun hubungan dengan masyarakat, terutama dengan kelompok masyarakat yang berpengaruh. Salah satu caranya adalah dengan melakukan corporate social responsibility (CSR). CSR juga menjadi bentuk kepedulian perusahaan kepada masyarakat sekitar.

  • Manajemen Krisis Perusahaan

Dalam menyusun strategi public relations perlu juga mempertimbangkan manajemen krisis perusahaan. Manajemen krisis berkaitan dengan cara penanganan masalah yang mungkin muncul di perusahaan. Manajemen ini juga membutuhkan sistem komunikasi untuk menyelesaikan krisis perusahaan.

  • Manajemen Acara Perusahaan

Membuat acara dapat juga menjadi strategi public relations. Acara perusahaan dapat menjadi sarana untuk mendekatkan perusahaan dengan masyarakat atau perusahaan lain. Untuk mengadakan acara perusahaan, perlu memperhitungkan konsep acara, pelaksanaan, hingga tamu undangan.

Langkah Menyusun Strategi Public Relations

Dengan mengetahui elemen-elemen, penyusunan strategi PR tentu akan lebih mudah dilakukan. Dalam penyusunannya juga perlu memperhatikan langkah-langkah agar tercipta strategi yang tepat. Berikut ini adalah langkah menyusun strategi public relations.

Strategi public relation

  • Menyusun timeline: Merencanakan lama waktu penyusunan strategi PR.
  • Menentukan tujuan: Menentukan hasil akhir yang ingin dicapai perusahaan.
  • Mengidentifikasi target: Menentukan sasaran yang menjadi penerima pesan.
  • Meriset kompetitor: Mempelajari strategi PR yang diterapkan oleh pesaing.
  • Menulis key message: Menuliskan pesan inti secara ringkas dan padat.
  • Melaksanakan sesuai rencana: Memanfaatkan tools dan taktik tertentu.
  • Melakukan evaluasi: Mencari tahu kekurangan dari pelaksanaan strategi.

Elemen yang terpenuhi dan langkah yang sesuai tentu akan menciptakan strategi yang sesuai pula. Alhasil, hubungan perusahaan dengan pihak luar yang terkait pun akan makin erat.