5 Teknologi Bisnis yang Wajib Ada dalam Perusahaan Anda!

Facebook
Twitter
LinkedIn
Teknologi Bisnis

Teknologi bisnis adalah perangkat yang dimanfaatkan untuk mendukung manajemen perusahaan menjadi lebih mudah. Di era serba digital seperti sekarang, teknologi dalam mengelola perusahaan memang dibutuhkan agar aktivitas yang dilakukan lebih praktis. Contoh teknologi bisnis yang bisa diterapkan adalah sistem presensi atau pencatatan kehadiran dengan aplikasi.

Manfaat teknologi informasi dalam bisnis adalah mempermudah aktivitas yang bertujuan untuk mengembangkan dan memajukan bisnis, terutama yang berkaitan dengan administrasi. Oleh karena itu, kenapa teknologi penting dalam bisnis demi kemajuan bisnis.

Baca juga: Wajib Dihindari! 7 Kesalahan dalam Riset Pemasaran

Inilah Teknologi Bisnis yang Seharusnya Ada di Perusahaan Anda

Ada beragam teknologi bisnis yang dapat diterapkan dalam perusahaan. Agar tidak bingung, kami jelaskan beberapa jenis teknologi berikut ini.

1. Penyimpanan Cloud

Sebuah perusahaan umumnya memiliki data dalam jumlah besar. Dulunya, perusahaan harus berinvestasi perangkat dalam jumlah besar untuk menyimpan data. Hal ini tentu akan menjadikan anggaran belanja perusahaan membengkak. Kini sudah ada teknologi penyimpanan cloud yang membuat proses penyimpanan lebih mudah dengan kapasitas yang lebih besar. Selain itu, perusahaan dapat melakukan pencadangan otomatis.

2. Media Sosial

Media sosial juga menjadi salah satu bentuk teknologi yang dimanfaatkan oleh perusahaan. Perusahaan melalui media sosial dapat melakukan promosi produk atau layanan hingga melakukan branding. Aktivitas promosi atau branding dapat dilakukan dengan membuat konten yang relevan sekaligus menarik perhatian khalayak. Dengan media sosial, promosi juga dapat menjangkau pasar yang lebih luas.

3. Aplikasi Productivity

Tim manajer proyek memang dapat membantu pengelolaan aktivitas di perusahaan. Hanya saja, perusahaan harus merogoh biaya yang besar. Untuk itulah, perusahaan dapat menggantinya dengan aplikasi productivity, seperti Google Slides, Google Docs, dan Google Sheet. Kemudian, perusahaan dapat juga memanfaatkan aplikasi Zoom atau G-Meet agar semua tim dapat terhubung dengan mudah di mana pun dan kapan pun.

4. Analytical Tools

Analytical tools dapat dimanfaatkan untuk mengetahui kelemahan dan kekuatan bisnis. Tools ini dapat diterapkan pada website bisnis yang dimiliki perusahaan. Dengan memanfaatkan perangkat tersebut, perusahaan akan mengetahui pengunjung website setiap harinya. Perusahaan juga bisa mengetahui interaksi yang dilakukan pengunjung website.

5. Pembayaran Berbasis Website

Jika memiliki website, biasanya perusahaan juga menyiapkan transaksi jual beli secara online. Pembayarannya pun berbasis website sehingga lebih praktis. Selain praktis, pembayaran berbasis website juga menawarkan integrasi dengan program akuntansi. Hal ini menjadi perusahaan tidak perlu repot melakukan rekonsiliasi terhadap transaksi yang terjadi.

Tentukanlah jenis teknologi yang hendak Anda terapkan dalam perusahaan Anda. Pelajari dengan baik agar mendapatkan hasil yang maksimal.