6 Unsur Manajemen yang Mutlak Dipahami Calon Leader!

Facebook
Twitter
LinkedIn
unsur manajemen

Unsur manajemen adalah aspek-aspek yang menjadi dasar untuk mengatur perusahaan. Perusahaan, terutama calon leader, tentu perlu memahami unsur-unsur manajemen dengan baik supaya aktivitas produksi dapat berjalan tanpa kendala dan lebih terarah. Dengan memahami unsur-unsur tersebut, harapannya perusahaan akan lebih terkelola dengan baik.

6 Unsur Manajemen yang Harus Dipahami Leader

Manajemen dalam perusahaan memiliki beberapa fungsi, yaitu perencanaan, pengorganisasian, kepemimpinan, kepegawaian, dan pengendalian. Setiap perusahaan memiliki gaya manajemen yang berbeda-beda. Ada yang bergaya demokratis, otokratis, birokratis, hingga karismatik. Terlepas dari gaya tersebut unsur-unsur manajemen setiap perusahaan tetap sama. Berikut adalah unsur manajemen yang harus dipahami dengan baik.

Baca juga: Tahukah Anda? Ada 5 Prinsip Tata Kelola Perusahaan yang Baik

Manpower (Tenaga Manusia)

Suatu perusahaan tentu membutuhkan tenaga manusia agar bisa beroperasi. Tanpa adanya sumber daya manusia yang cukup, tentu perusahaan akan kerepotan. Biasanya, perusahaan membaginya menjadi beberapa divisi dengan satu kepala divisi yang mengaturnya.

Materials (Bahan)

Perusahaan tentu juga membutuhkan bahan atau material untuk menghasilkan produk yang sesuai. Bahan-bahan tersebut ada beragam jenisnya, seperti barang mentah, barang setengah jadi, dan barang jadi. Kemudian, ada juga barang diam dan barang bergerak. 

Machine (Mesin)

Kemudian, untuk mengolah produk, perusahaan membutuhkan mesin. Adanya mesin juga akan mempermudah perusahaan dalam melakukan berbagai aktivitas. Perusahaan harus merawat mesin agar lebih awet dan memiliki usia pakai yang lebih panjang.

Money (Uang)

Dalam membangun perusahaan juga dibutuhkan modal yang berupa uang. Sayangnya, terkadang perusahaan tidak melakukan pengelolaan yang baik sehingga terancam merugi. Oleh karena itu, penting untuk membangun manajemen keuangan dengan baik.

Methods (Metode)

Metode menjadi unsur tak benda yang patut diperhatikan juga. Adanya metode dapat mengatur jalannya kegiatan perusahaan dengan lebih terarah. Metode juga akan membantu perusahaan untuk mencapai tujuan atau target yang telah ditetapkan.

Market (Pasar)

Perusahaan juga harus menyadari pasar yang cocok untuk produk atau layanan yang ditawarkan. Dengan begitu, penjualan akan mudah dilakukan. Di samping itu, perusahaan dapat membuat strategi pemasaran yang lebih tepat.

Perusahaan, terutama yang diamanahi sebagai leader memang harus memahami berbagai unsur manajemen tersebut dengan baik. Hal ini demi keberlangsungan perusahaan.