Penting untuk Disimak! Unsur Unsur Branding yang Wajib Ada

Facebook
Twitter
LinkedIn
Unsur Unsur Branding

Unsur unsur branding adalah hal penting yang tidak dapat dilewatkan oleh perusahaan yang sedang membangun branding. Namun, sebelum membahas lebih lanjut terkait unsur unsur branding, ada baiknya kita bahas terlebih dahulu apa itu branding. Branding adalah pencitraan terhadap suatu produk untuk menarik perhatian konsumen.

Unsur Unsur Branding yang Penting Diketahui

Unsur unsur branding adalah elemen yang digunakan untuk mendukung proses branding agar berjalan dengan lebih baik. Adapun unsur-unsur tersebut adalah sebagai berikut.

  • Nama merek: Nama adalah unsur pertama yang harus disiapkan sebelum melakukan branding. Hal ini karena nama menjadi identitas supaya produk mudah dikenali oleh masyarakat. Dalam membuat nama merek, pastikan menarik dan mudah diingat.
  • Logo: Logo brand juga perlu disiapkan dengan desain yang inovatif. Dengan desain inovatif akan logo akan memberikan kesan unik dan terhindar dari plagiasi. Logo yang unik juga akan meninggalkan kesan tak terlupa di benak konsumen.
  • Tampilan visual: Tampilan visual yang dimaksud dapat berupa desain produk, kemasan, atau poster. Anda bisa memilih warna-warna yang tepat. Jika perlu, pilihlah warna berdasarkan filosofinya agar terkesan lebih mendalam.
  • Juru bicara: Dalam membangun branding biasanya memang ada pihak yang ditunjuk sebagai juru bicara. Juru bicara bertugas untuk mengampanyekan branding. Perusahaan bisa mengambil dari internal atau bisa juga memanfaatkan influencer.
  • Suara: Untuk branding yang berupa video iklan tentu membutuhkan suara. Suara tersebut dapat berupa voice over atau background suara musik. Pastikan suara musik enak didengar dan mudah diserap masyarakat.
  • Kata-kata: Dalam branding juga digunakan kata-kata sebagai bentuk ajakan. Kata-kata tersebut dapat berupa slogan atau tagline. Umumnya, slogan dan tagline dibuat dengan singkat, padat, dan mudah diingat.

Baca Juga: 7 Penyebab Kegagalan Bisnis yang Semestinya Diketahui

Dengan mengetahui unsur-unsurnya, Anda tentu bisa menyiapkan strategi branding yang tepat. Strategi tersebut berkaitan dengan cara branding produk. Kemudian, Anda pun bisa mengamati contoh produk branding sebagai bentuk inspirasi sekaligus referensi. Salah satu contoh produk branding yang sudah melekat di benak masyarakat adalah brand Nike yang mengusung slogan Just do it. 

Siapkanlah branding perusahaan Anda dari sekarang!