Cari Tahu Bentuk Sosialisasi Acara yang Paling Efektif

Facebook
Twitter
LinkedIn

Bentuk sosialisasi acara sangatlah beragam, termasuk untuk acara perusahaan. Sosialisasi acara tersebut harus dikemas dengan cara menarik. Tujuannya adalah agar banyak orang yang terkesan sehingga bisa turut memeriahkan acara. Hal tersebut tentu akan berdampak baik bagi berlangsungnya sebuah acara.

Sebelum membahas lebih lanjut terkait bentuk sosialisasi acara, ada baiknya Anda mengetahui apa itu sosialisasi acara. Sosialisasi acara adalah bentuk kegiatan yang bertujuan untuk mengenalkan dan menjelaskan tentang suatu acara. Hal tersebut dapat menjadikan acara lebih dikenal masyarakat luas sehingga bisa meningkatkan keterlibatan masyarakat.

Setelah membahas pengertiannya, rasanya sudah tepat jika Anda mengetahui bentuk sosialisasi. Sama halnya dengan sosialisasi pada umumnya, sosialisasi acara memiliki dua bentuk yang umum. Berikut ini adalah ulasan lengkapnya.

  1. Sosialisasi primer adalah bentuk sosialisasi dengan lingkup yang masih kecil. Misalnya, jika untuk acara perusahaan, sosialisasi berlaku sebatas pada karyawan perusahaan.
  2. Sosialisasi sekunder adalah bentuk sosialisasi dengan lingkup yang lebih besar. Untuk acara perusahaan, sosialisasi berlaku untuk orang-orang yang berada di luar perusahaan.

Sebuah perusahaan bisa memilih salah satu bentuk sosialisasi acara tersebut. Namun, tidak menutup kemungkinan juga perusahaan memilih menggunakan kedua bentuk tersebut. Hal ini bergantung dengan jenis acaranya. Jika memang untuk umum, sudah barang tentu kedua bentuk sosialisasi harus terlaksana secara bersamaan.

Baca Juga : Tahap Proses Sosialisasi Acara Yang Wajib Dilalui

Kenali Bentuk Sosialisasi Acara yang Bisa Menjadi Pilihan

Sebelumnya sudah ada pembahasan terkait bentuk sosialisasi secara umum. Selain kedua bentuk tersebut, ada juga bentuk lainnyanya yang berdasarkan medianya. Berikut ini adalah bentuk-bentuk sosialisasi acara berdasarkan medianya.

1. Penyampaian langsung

Penyampaian langsung lebih cocok menjadi salah satu bagian dari bentuk sosialisasi primer. Hal ini karena perusahaan harus bertemu langsung dengan audiens atau orang yang akan terlibat dalam acara. Jika acara untuk masyarakat umum, tentu perusahaan akan kerepotan mengatur waktu dan tempat. Tentunya juga akan menguras tenaga, materi, dan waktu.

2. Media cetak

Sudah menjadi hal umum jika sosialisasi dilakukan melalui media cetak. Media cetak untuk sosialisasi pun sangat beragam jenisnya. Beberapa perusahaan memilih untuk menempel poster acara di tempat-tempat umum. Namun, ada juga yang memilih menyebar brosur kepada masyarakat. Jika acara memang besar, memang baliho atau reklame bisa menjadi pilihan tepat.

3. Media elektronik

Media elektronik juga bisa menjadi pilihan untuk menyosialisasikan sebuah acara. Namun, perusahaan akan menyiapkan anggaran yang cukup besar. Pada umumnya, media elektronik yang bisa menyosialisasikan acara adalah radio dan televisi. Keduanya cukup efektif karena masih banyak penikmatnya hingga saat ini.

4. Internet

Internet rasanya menjadi hal yang sudah akrab dengan manusia. Perusahaan pun bisa menjadikan internet untuk menyosialisasikan acara. Selain mudah, anggarannya pun lebih terjangkau. Bentuk sosialisasi pun bisa lebih beragam. Bentuk sosialisasi dapat berupa poster digital, video, artikel, dan masih banyak lagi. Perusahaan hanya perlu menggunakan kreativitasnya untuk memanfaatkan internet dengan tujuan sosialisasi acara.

Sosialisasi melalui internet bisa menggunakan media sosial perusahaan. Pilihan media sosial tersebut bergantung dengan bentuk sosialisasinya. Jika menggunakan poster digital, Instagram, Facebook, dan Twitter bisa menjadi pilihan. Jika berupa video panjang, Youtube bisa menjadi pilihan.

Selain yang sudah disebutkan di atas tentu ada bentuk sosialisasi acara yang lainnya. Perusahaan bisa mengembangkan dan berinovasi sekreatif mungkin. Dengan begitu, akan banyak masyarakat yang tertarik dengan acara perusahaan tersebut. Jika sudah tertarik, tentunya mereka tidak akan segan untuk terlibat.