5 Pilihan Event Marketing yang Patut Dicoba Perusahaan!

Facebook
Twitter
LinkedIn
Event Marketing

Event marketing adalah salah satu bentuk strategi pemasaran dalam dunia bisnis. Manfaat event marketing yang dapat dirasakan adalah meningkatnya brand awareness. Artinya, adanya event tersebut akan membangun rasa percaya konsumen terhadap produk perusahaan. Event yang demikian juga dapat memperluas jaringan bisnis.

Selain itu, fungsi event marketing adalah untuk menarik simpati konsumen agar penjualan makin meningkat. Adanya event tersebut juga dapat membangun hubungan dengan konsumen. Tidak menutup kemungkinan konsumen akan loyal terhadap produk perusahaan, bahkan sampai tahap merekomendasikannya ke orang lain.

Baca juga: 7 Rekomendasi Aplikasi Stok Barang Gratis Terbaik

Rekomendasi Event Marketing yang Menarik

Besarnya dampak yang akan dirasakan, membuat beberapa perusahaan tidak ragu untuk menyusun event pemasaran. Untuk itulah, perusahaan perlu meriset jenis event marketing yang sesuai dengan target pasar mereka. Berikut ini adalah contoh event marketing yang kreatif.

1. Seminar

Contoh event perusahaan yang paling lazim diadakan adalah seminar. Berkat kemajuan teknologi, kini seminar bisa diselenggarakan secara daring atau sering disebut webinar. Dalam acara yang demikian, perusahaan perlu mengundang pakar yang ahli terkait masalah yang hendak dibahas. Selesai acara, perlu diadakan sesi foto bersama dengan penyerahan souvenir kepada pemateri seminar.

2. Lokakarya

Sekilas lokakarya atau workshop mirip dengan seminar. Lokakarya juga mengundang praktisi untuk berbagi ilmu kepada pesertanya. Yang menjadi pembedanya, pada acara ini peserta akan diminta untuk turut melakukan analisis terhadap masalah yang sedang dibahas. Jika perlu, solusi terkait masalah juga ditemukan oleh peserta tentunya dengan dibimbing oleh praktisi yang diundang.

3. Bazar

Contoh event perusahaan yang lain adalah bazar. Perusahaan bisa mengadakan pasar singkat di area tertentu. Bazar ini bertujuan untuk menunjukkan eksistensi produk perusahaan kepada masyarakat. Bazar juga dapat dilakukan secara digital untuk menjangkau audiens dengan lebih luas. Perusahaan bisa memanfaatkan website, marketplace, hingga media sosial.

4. Pameran

Jika memungkinkan, perusahaan dapat mengadakan pameran tunggal untuk mengenalkan produk kepada masyarakat. Namun, bila dirasa belum mampu, tidak ada salahnya untuk mengikuti pameran yang tentunya sesuai dengan produk yang dimiliki. Hal ini tentu akan lebih menghemat biaya pengeluaran.

5. Konser

Tidak bisa dipungkiri bahwa musik sudah menjadi bagian dari masyarakat yang tidak bisa dilepaskan. Oleh karena itu, konser musik dapat menjadi pilihan event pemasaran yang menarik. Untuk mengadakan event ini, perusahaan tentu perlu perencanaan dan modal yang matang. Pasalnya, perusahaan harus siap mengundang penyanyi yang disukai masyarakat agar membawa dampak baik terhadap perusahaan.

Kira-kira event mana yang cocok diterapkan di perusahaan Anda? Pastikan event tersebut berdampak baik terhadap perusahaan, terutama dalam mempererat hubungan dengan relasi dan masyarakat. Selain itu, lakukan persiapan yang matang agar acara dapat berjalan dengan lancar tanpa kendala apa pun.