4 Langkah Efektif Analisis Pasar untuk Kembangkan Bisnis

Facebook
Twitter
LinkedIn
Analisis Pasar

Analisis pasar adalah bentuk penilaian terhadap kondisi pasar untuk meraih kesuksesan dalam berbisnis. Dengan mengetahui kondisi pasar, perusahaan dapat menyiapkan strategi yang tepat untuk meraup keuntungan. Secara garis besar, tujuan analisis pasar adalah sebagai berikut.

  • Mendapatkan konsumen: Produk yang dijual sesuai dengan kebutuhan pasar sehingga mudah untuk mendapatkan konsumen.
  • Melihat persaingan: Dengan mengetahui medan pasar, perusahaan akan mengetahui kelemahan dan kelebihan pesaing.
  • Memanfaatkan peluang: Perusahaan dapat melihat peluang prospektif yang bisa dimasukkan untuk memenangi persaingan.
  • Mengurangi risiko: Perusahaan dapat menyiapkan langkah untuk mengatasi risiko bisnis yang mungkin menghampiri.
  • Menjadi tren bisnis: Menjadikan bisnis sebagai trendsetter yang akan berdampak pada penjualan produk yang meningkat.

Baca juga: Identifikasi Masalah Bisnis yang Mengintai Usaha Anda!

Langkah Efektif dalam Analisis Pasar

Dengan melihat tujuannya diketahui bahwa faktor dalam analisis pasar berasal dari luar perusahaan. Kemudian, ruang lingkup analisis pasar juga luas. Oleh karena itu, Anda membutuhkan langkah efektif dalam menjalaninya.

1. Tinjauan industri

Pada langkah awal ini, Anda akan menjelaskan industri yang hendak dijalani. Kemudian, Anda akan menentukan arah dan tujuan bisnis tersebut. Karena itulah, Anda akan membahas metrik industri yang meliputi tren dan pertumbuhan bisnis yang hendak dijalani.
Mungkin Anda berpikir langkah ini sama dengan riset pasar. Riset pasar hanya sekadar mengenali pelanggan. Sementara itu, dalam langkah ini, Anda perlu memahami strategi yang bisa bersaing dengan kompetitor. Salah satunya adalah dengan melihat potensi produk.

2. Target pasar

Di tahapan ini, Anda akan menjelaskan pelanggan ideal. Anda bisa memahami detail target pasar dengan menyesuaikan komponennya. Misalnya, Anda bisa mengamati demografi pelanggan, seperti usia, jenis kelamin, pendidikan, dan pendapatan.
Di samping itu, Anda bisa juga melihat lokasi bisnis dan perilaku pelanggan. Tren bisnis juga dapat menjadi dasar untuk melihat target pasar. Bahkan, gaya hidup dan kepribadian juga dapat dijadikan dasar untuk menentukan target pasar yang paling sesuai.

3. Persaingan

Anda pun perlu melakukan analisis terhadap persaingan untuk menyiapkan strategi yang tepat agar tetap bisa bertahan jika mampu memenangi persaingan. Produk dari kompetitor bisa Anda amati untuk melihat kelebihan dan keunikannya.
Kemudian, Anda jabarkan hal berbeda yang terdapat pada produk Anda. Anda juga bisa melakukan inovasi yang sekiranya dapat menjadi daya tarik bagi konsumen. Pastikan juga Anda mengenali hambatan yang siap menghadang Anda dalam berbisnis.

4. Perkiraan harga

Langkah terakhir adalah memperkirakan harga jual produk. Harga jual tentu harus lebih besar dari yang Anda keluarkan untuk proses produksi dan pengiriman. Anda bisa menyurvei lapangan terkait harga produk sejenis. Jangan sampai terlalu murah karena akan mematikan pasar. Kemudian, jangan terlalu mahal karena bisa jadi akan diabaikan konsumen.

Pada intinya, Anda perlu membuat persiapan yang matang untuk meminimalkan risiko dan meraih kesuksesan. Siapkan dari sekarang!