7 Tips Manjur untuk Meningkatkan Loyalitas Pelanggan!

Facebook
Twitter
LinkedIn
Loyalitas Pelanggan

Loyalitas pelanggan adalah kondisi dari pelanggan yang secara rutin dan konsisten membeli produk atau jasa dari suatu perusahaan. Jika sudah pernah membeli di suatu toko, biasanya pelanggan kemungkinan besar akan kembali lagi. Kemungkinannya mencapai 70%.

Untuk mengukur tingkat kesetiaan pelanggan, ada indikator yang bisa digunakan. Adapun indikator loyalitas pelanggan adalah sebagai berikut.

  1. pembelian ulang terhadap produk dari suatu merek,
  2. kebiasaan menggunakan merek tersebut,
  3. selalu menyukai merek tersebut,
  4. tetap memilih merek tersebut,
  5. yakin bahwa merek tersebut yang terbaik, dan
  6. merekomendasikan merek tersebut kepada orang lain.

Baca juga: 7 Cara Branding Produk: Taklukkan Hati Calon Pelanggan!

Tips Meningkatkan Loyalitas Pelanggan

Ada faktor faktor yang mempengaruhi loyalitas pelanggan. Salah satunya adalah branding yang kuat dari perusahaan. Meski demikian, perusahaan tetap harus meningkatkan kesetiaan pelanggan. Cara membangun loyalitas pelanggan yang patut untuk dicoba adalah sebagai berikut.

1. Memberikan reward

Pada titik tertentu tidak menutup kemungkinan pelanggan akan merasa bosan. Untuk mengatasi hal tersebut, Anda bisa memberikan reward kepada pelanggan setia. Reward tersebut juga menjadi bentuk penghargaan terhadap pelanggan.

2. Melayani dengan ramah

Pelanggan tetap setia pada merek tertentu tidak terlepas dari pelayanan yang ramah. Mereka akan merasa dihargai ketika membeli produk karena merasa nyaman. Pelayanan ramah harus dilakukan kepada setiap konsumen tanpa terkecuali.

3. Berkomunikasi dua arah

Di era serba digital seperti sekarang tampaknya bukan hal sulit untuk menjaga komunikasi dengan pelanggan. Anda bisa menyapa pelanggan setia melalui media sosial. Komentar dari pelanggan bisa juga ditanggapi agar mereka merasa diperhatikan.

4. Memberikan pelatihan pelayanan

Jika dalam suatu perusahaan ada beberapa customer service, ada baiknya diadakan pelatihan pelayanan. Tujuannya adalah agar cara melayaninya dapat seragam. Yang terpenting adalah memberikan pelayanan cepat tanggap dan ramah.

5. Meningkatkan kualitas produk

Selain dari segi pelayanan, pelanggan dapat setia pada suatu merek karena kualitas produk. Untuk itu, penting menjaga kualitas produk. Tidak lupa juga untuk melakukan inovasi agar menghasilkan produk yang unik dan berbeda dari yang lain.

6. Meminta feedback

Feedback dari pelanggan menjadi kunci penting dari kesetiaan pelanggan. Anda bisa menggali informasi terkait pelayanan dan produk kepada pelanggan. Dengan begitu, Anda pun bisa memberikan pelayanan dan produk sesuai dengan kebutuhan mereka.

7. Menerima komplain

Ubahlah perspektif Anda yang menyatakan komplain sebagai bentuk beban. Jadikan komplain pelanggan sebagai masukkan untuk perbaikan. Meski demikian, Anda harus segera memberikan solusi agar komplain bisa diselesaikan.

Itulah langkah mudah agar pelanggan tetap setia dengan produk Anda. Lakukanlah setiap langkah dengan baik untuk mendapatkan hasil yang maksimal.