Kenali Tugas Public Relation: Juru Komunikasi Perusahaan

Facebook
Twitter
LinkedIn
tugas public relation

Tugas public relation berpengaruh terhadap perkembangan dan kemajuan perusahaan. Memang, apa saja tugasnya? Sebelum membahas tugasnya, ada baiknya kita ketahui terlebih dahulu apa itu public relation? Hal tersebut akan berpengaruh terhadap pemahaman.

Public relation atau humas merupakan interaksi antara perusahaan dan pihak lain. Dengan demikian, tugas utama public relation adalah menjalin komunikasi dengan pihak lain. Tentunya, masih ada lagi tugas public relation perusahaan yang tidak kalah penting.

BACA JUGA: 5 EVENT VIRTUAL UNTUK MENUNJANG PROMOSI PERUSAHAAN

Tugas Public Relation dalam Perusahaan

Jika berbicara tentang tugas, tentu tidak bisa dilepaskan dari pekerjaan dan tanggung jawab. Dengan demikian, tugas seorang humas berkaitan dengan pekerjaannya. Adapun contoh pekerjaan public relation adalah sebagai berikut.

  • Merencanakan program komunikasi perusahaan

Tugas public relation adalah mengembangkan perusahaan melalui jalur program komunikasi. Public relation harus mampu berkomunikasi dengan baik di internal maupun eksternal perusahaan. Komunikasi internal berfungsi untuk memperkuat fondasi perusahaan. Sementara itu, komunikasi eksternal bermanfaat untuk menjalin hubungan dengan relasi.

  • Mengevaluasi pelaksanaan program komunikasi

Suatu program yang sudah dilaksanakan tentu harus dievaluasi, begitu pula program komunikasi dari humas. Tujuannya adalah untuk mengetahui sejauh mana program tersebut berpengaruh terhadap perusahaan. Jika dirasa kurang sesuai dengan perusahaan, program bisa diubah atau diganti dengan program yang lain yang lebih baik.

  • Menyediakan berbagai informasi perusahaan

Tidak sekadar menjadi garda terdepan dalam urusan komunikasi perusahaan, public relation juga berperan penting dalam menyampaikan informasi. Public relation akan memfasilitasi penyampaian informasi internal dan eksternal perusahaan. Bahkan, jika perlu, public relation menjadi juru bicara ketika perusahaan berurusan dengan media terkait pencitraan perusahaan.

  • Mencari informasi yang dibutuhkan perusahaan

Public relation tidak hanya memberikan dan menyampaikan informasi. Akan tetapi, humas juga perlu mencari informasi yang dibutuhkan perusahaan. Hal ini biasanya menjadi genting ketika perusahaan hendak mengadakan acara atau menjalin kerja sama. Humas harus siap siaga mencari instansi atau sosok yang patut dihubungi untuk bekerja sama dengan perusahaan.

Dalam menjalankan tugasnya, humas pasti dihadang dengan tantangan yang tiada henti. Tantangan bisa berasal dari dalam maupun luar perusahaan. Untuk itulah, seorang humas harus dibekali dengan keterampilan agar mampu menyelesaikan tantangan tersebut.

Karena berurusan dengan komunikasi dan penyampaian informasi, tentu humas harus memiliki kemampuan wicara yang baik. Tidak sekadar mampu berbicara, tetapi juga mampu memberikan pemahaman. Selain itu, humas juga harus mengikuti perkembangan teknologi sehingga bisa memanfaatkannya.

Jadi, siapkanlah diri Anda jika hendak bergabung menjadi humas atau public relation di sebuah perusahaan!

BACA JUGA: CONTOH RUNDOWN ACARA SEMINAR UNTUK PROMOSI PERUSAHAAN