7 Strategi Pemasaran Media Sosial untuk Menunjang Bisnis

Facebook
Twitter
LinkedIn
7 Strategi Pemasaran Media Sosial untuk Menunjang Bisnis

Di era serba internet seperti sekarang, strategi pemasaran media sosial dapat Anda manfaatkan untuk mengembangkan bisnis. Sesuai dengan namanya, strategi pemasaran media sosial adalah perencanaan pemasaran dengan mengandalkan media sosial, seperti Instagram, Facebook, dan TikTok. Kelebihan pemasaran media sosial adalah dapat menjangkau orang lebih banyak.

Selain itu, pemasaran ini juga lebih efektif untuk menjalin hubungan dengan konsumen karena Anda dapat dengan mudah berkomunikasi dengan konsumen. Sementara itu, kekurangan pemasaran media sosial adalah persaingan yang cukup ketat karena kompetitor pasti juga menggunakannya. Terkadang, konsumen juga merasa kurang percaya.

Baca juga: Tahu Apa Bedanya Sales dan Marketing? Ini Penjelasannya!

Strategi Pemasaran Media Sosial untuk Kembangkan Bisnis

Saat Anda memanfaatkan media sosial untuk pemasaran, Anda perlu mempertimbangkan beberapa hal supaya hasilnya maksimal. Untuk itulah, perhatikan tips yang kami ulas berikut.

1. Melakukan riset

Sebelum menerapkannya, Anda menggali lebih dalam terkait berbagai macam media sosial yang dapat dimanfaatkan untuk memasarkan produk. Anda bisa menganalisis fitur apa saja yang tersedia pada platform media sosial. Di samping itu, Anda bisa melacak apakah kompetitor memanfaatkan media sosial yang sama dengan Anda.

2. Menentukan target KPI

Key Performance Indicator (KPI) menjadi matriks untuk mengukur pencapaian target. Anda bisa menentukan target KPI sehingga pemasaran yang dilakukan menjadi lebih fokus. Anda bisa menggunakan filosofi SMART, yang terdiri dari specific, measurable, achievable, realistic, dan time bound.

3. Berfokus pada target

Agar mendapatkan hasil yang sesuai, Anda harus berfokus pada target. Maka dari itu, Anda harus membuat segmentasi konsumen. Dengan begitu, konten yang Anda sediakan untuk mendukung pemasaran akan lebih terarah. Konten juga akan lebih relevan sehingga diterima oleh mereka yang Anda targetkan.

4. Membuat konten marketing

Konten marketing sebaiknya dibuat sesuai dengan karakteristik target audiens Anda. Untuk jenisnya, Anda bisa memilih infografik atau video singkat. Jangan lupa juga untuk menambahkan caption yang menarik. Tambahkan juga tanda pagar agar postingan muncul saat pengguna mencari dengan keyword tertentu.

5. Menjalin komunikasi personal

Kepuasan pelanggan haruslah Anda utamakan. Hal ini bisa Anda capai dengan senantiasa menjalin komunikasi yang bersifat personal. Anda bisa mengirimkan pesan penawaran promo khusus pelanggan. Pada hari-hari penting, seperti hari ulang tahun, Anda bisa juga menyampaikan ucapan selamat ulang tahun.

6. Membuat iklan berbayar

Iklan berbayar dapat juga menjadi pilihan karena umumnya iklan akan mudah diakses oleh pengguna media sosial. Konten iklan berbayar yang Anda buat juga akan lebih luas jangkauannya. Hal ini dapat membuat peluang untuk mendatangkan pelanggan potensial yang lebih banyak. Anda hanya perlu menyiapkan budget.

7. Memanfaatkan berbagai platform

Jangan berpuas diri dengan hanya memanfaatkan satu media sosial. Anda bisa mengandalkan beberapa media sosial agar jangkauan pasarnya lebih luas. Anda bisa membuat konten dan caption yang sama untuk media sosial yang berbeda. Yang terpenting Anda membuat konten tersebut secara konsisten dan teratur.

Jadikanlah media sosial sebagai platform untuk meraup banyak pelanggan!