7 Trik Closing Penjualan, Pikat Hati Konsumen untuk Membeli

Facebook
Twitter
LinkedIn
7 Trik Closing Penjualan, Pikat Hati Konsumen untuk Membeli

Setelah melakukan penawaran produk, tentu tujuan Anda adalah closing penjualan. Closing penjualan adalah metode atau cara yang dilakukan dalam bisnis agar transaksi jual beli dapat terwujud. Dengan demikian, closing penjualan artinya akhir dari proses penawaran yang dilakukan tim penjualan terhadap konsumennya.

Baca juga: 5 Teknik Closing Penjualan untuk Produk Perusahaan Anda

Trik Jitu Lakukan Teknik Closing Penjualan

Ada beragam teknik closing yang bisa dilakukan supaya konsumen mau melakukan pembelian. Apapun jenis teknik closing yang dipilih, Anda harus tahu triknya. Adapun trik yang bisa Anda terapkan adalah sebagai berikut.

Memahami karakteristik konsumen

Setiap pelanggan tentu memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Saat menawarkan produk, mungkin Anda akan menemukan pelanggan yang bingung jika ditawarkan banyak opsi. Mungkin Anda juga akan menemukan konsumen suka berbicara. Bahkan, mungkin Anda akan dimudahkan dengan pelanggan yang mudah dalam mengambil keputusan. Dengan mengenali karakteristiknya, Anda pun tahu cara menghadapi pelanggan.

Berempati dengan memberikan pujian

Apabila Anda menunjukkan empati terhadap pelanggan, tentu mereka akan respek terhadap Anda. Hal ini bisa dilakukan dengan melontarkan pujian halus kepada pelanggan. Namun, janganlah terlalu menyanjung pelanggan Anda karena terkesan menjilat atau berbohong. Pelanggan juga akan merasa risih dengan hal tersebut.

Memberikan potongan harga

Diskon atau potongan harga tentu menjadi daya tarik yang kuat untuk sebagian besar pelanggan. Anda bisa menunjukkan harga sebelum dan sesudah mendapat diskon agar pelanggan Anda merasa yakin. Selain itu, hal tersebut menjadi bentuk transparansi terhadap pelanggan. Adanya diskon ini akan mempermudah pelanggan dalam mengambil keputusan.

Menunjukkan eksklusifitas

Siapa sih pelanggan yang tidak suka dianggap eksklusif? Karena itulah, Anda bisa menunjukkan sisi eksklusifitas terhadap pelanggan yang potensial. Contoh kalimat closing penjualan yang bisa disampaikan adalah “produk ini hanya dijual terbatas, salah satunya untuk Anda.” Kalimat tersebut tentu akan membuat pelanggan terpicu untuk membelinya.

Membagikan cerita orang lain

Testimoni yang positif dari pelanggan juga dapat Anda sampaikan kepada pelanggan. Anda juga bisa memanfaatkan review pelanggan yang disampaikan melalui berbagai platform. Hal ini akan menambah kepercayaan pelanggan terhadap produk Anda.

Menyampaikan keuntungan membeli

Setiap pelanggan yang membeli produk tentu memikirkan keuntungan yang didapatkannya. Ada baiknya Anda menjelaskan hal tersebut agar tidak ada keraguan dari pelanggan saat hendak membelinya. Anda bisa menjelaskan keunggulan hingga manfaat produk.

Meminta membeli sekarang atau tidak sama sekali

Terakhir, Anda bisa memaksa konsumen dengan halus. Anda bisa menyampaikan bahwa produk ini dijual terbatas. Di samping itu, bila Anda memberikan diskon sampaikanlah bahwa diskon hanya berlaku hari ini. Dengan kata lain, Anda akan memaksa konsumen untuk membeli produk sekarang atau tidak sama sekali.

Trik yang sudah dibahas sebelumnya dapat Anda terapkan saat melakukan penjualan produk. Semoga berhasil!

source : 1souvenir.id