5 Tips Dasar untuk Memulai Bisnis tanpa Modal

Facebook
Twitter
LinkedIn
5 Tips Dasar untuk Memulai Bisnis tanpa Modal

Mungkin sebagian besar orang ingin memulai bisnis tanpa modal tanpa risiko. Sayangnya, tidak semua orang tahu cara bisnis tanpa modal. Padahal, ada banyak ide bisnis tanpa modal yang bisa dijalani. Anda bisa membuka bisnis penawaran jasa, seperti menjadi translator bagi Anda yang menguasai bahasa asing. Jika punya kemampuan mengajar, Anda bisa menjadi guru les privat. Di samping itu, Anda bisa menjadi seorang penulis lepas hingga desainer grafis atau website.

Baca juga: Kenali Lebih Lanjut tentang Merger Perusahaan!

Tips Dasar Memulai Bisnis tanpa Modal

Setelah memilih ide bisnis yang sesuai, Anda tentu perlu memulainya dengan langkah yang tepat. Untuk itulah, Anda perlu menyimak, tips bisnis tanpa modal berikut.

1. Memanfaatkan yang dimiliki

Untuk memulai usaha tanpa modal, Anda bisa memanfaatkan yang dimiliki. Anda bisa menawarkan jasa yang sudah Anda kuasai. Jika ingin berjualan barang, Anda bisa menjual barang yang Anda miliki, tetapi, sudah tidak dibutuhkan lagi. Hal ini akan mengurangi modal untuk memulai suatu usaha.

2. Mempertahankan pekerjaan utama

Pastikan Anda tetap bertahan dengan pekerjaan utama. Jika Anda memilih berhenti untuk bekerja, hal ini akan meningkatkan risiko berkurangnya pemasukan bulanan. Anda bisa menjadikan bisnis sebagai bentuk sampingan yang bisa dikerjakan tanpa mengganggu pekerjaan utama Anda.

3. Rela untuk bersusah payah

Memulai suatu bisnis tentu penuh dengan tantangan. Anda harus mau bersusah payah dalam memasarkan produk atau layanan yang Anda tekuni sebagai bisnis. Anda bisa menawarkan terlebih dahulu barang atau jasa tersebut kepada orang-orang terdekat sebagai bentuk testimoni.

4. Menggunakan platform online

Anda bisa memanfaatkan platform online untuk mendukung bisnis Anda. Misalnya saja, Anda bisa memanfaatkan media sosial sebagai pendukung pemasaran. Buatlah konten-konten menarik secara rutin yang bisa mendatangkan konsumen.

5. Menjelajahi crowdfunding

Jika membutuhkan modal yang cukup besar, Anda bisa menjelajahi platform crowdfunding. Anda bisa berkunjung ke KitaBisa atau AyoPeduli. Namun, jika hendak memanfaatkan platform-platform tersebut, pastikan bahwa produk yang Anda tawarkan kreatif dan menarik.

Itulah beberapa tips dasar yang bisa Anda ikuti. Selain dari tips di atas, Anda bisa juga melakukan kerja sama dengan pihak lain sebagai pemodal. Kemudian, Anda tawarkan bagi hasil terkait bisnis yang hendak dijalani.

Dengan begitu, Anda juga memiliki rekanan bisnis yang bisa diajak berdiskusi untuk mengembangkan bisnis ke depannya. Bagaimana, siapa untuk mulai berbisnis?