7 Langkah Efektif dalam Melakukan Ekspansi Bisnis!

Facebook
Twitter
LinkedIn

Setelah usaha berjalan dengan stabil terlebih maju, Anda tentu ingin melakukan ekspansi bisnis, bukan? Untuk melakukannya, tentu Anda membutuhkan strategi ekspansi bisnis yang tepat. Hal ini untuk meminimalkan munculnya resiko ekspansi bisnis yang justru merugikan.

Namun, sebelum membahas lebih lanjut terkait caranya, kita akan pahami terlebih dahulu terkait istilah tersebut. Ekspansi bisnis adalah kegiatan memperbesar atau memperluas bisnis dengan cara menciptakan pasar baru, memperbanyak fasilitas, menambah sumber daya manusia, atau yang lainnya.

Baca Juga: Mengenal Apa Itu Omzet dan Cara Menghitungnya!

Cara Ekspansi Bisnis yang Efektif

Setiap perusahaan tentu memikirkan cara untuk memperluas bisnis yang telah dibangun dengan baik. Namun, secara umum ada langkah efektif yang bisa Anda lakukan sebagai berikut.

Membuat produk dan layanan terbaru

Produk dan layanan terbaru akan menampilkan wajah baru bagi perusahaan Anda. Tentunya, produk dan layanan tersebut sesuai dengan kebutuhan dan keinginan konsumen sehingga lebih tepat sasaran. Hal ini akan mempertahankan konsumen lama dan menarik perhatian konsumen baru.

Menentukan model dan sistem bisnis

Di samping produk atau layanan, Anda pun dapat menerapkan model dan sistem bisnis yang baru. Dengan begitu akan terasa adanya perubahan yang signifikan, terutama di dalam menjalankan operasional bisnis. Konsumen pun akan merasakan dampak positif terhadap hal tersebut.

Menyiapkan modal yang dibutuhkan

Adanya penambahan produk atau layanan baru serta perubahan model dan sistem bisnis, tentu membutuhkan modal. Oleh karena itu, Anda perlu mempersiapkan modal yang dibutuhkan agar perencanaan perluasan bisnis dapat berjalan sebagaimana mestinya.

Melakukan promosi secara aktif

Promosi yang aktif perlu juga dilakukan mengingat adanya perubahan signifikan dari perusahaan, baik dari segi produk, pelayanan, maupun hal lainnya. Promosi dapat dilakukan dengan berbagai media yang dinilai efektif sehingga terasa lebih berdampak bagi perusahaan.

Mencari target pasar baru yang potensial

Di awal membangun bisnis, perusahaan tentu sudah menentukan target pasar. Hal ini perlu dilakukan ulang ketika melakukan perluasan bisnis. Pasalnya, perubahan yang terjadi bisa saja berdampak pada target pasar. Di samping itu, target pasar yang baru juga bisa menambah pendapatan perusahaan.

Membuka cabang di lokasi strategis

Salah satu upaya yang bisa dilakukan untuk memperluas bisnis adalah dengan membuka cabang. Akan tetapi, Anda harus memastikan bahwa lokasi untuk cabang baru strategis. Anda bisa memilih lokasi yang dekat dengan pelanggan sehingga mereka mudah untuk mengaksesnya.

Melakukan kerja sama bisnis

Cara lain yang bisa dilakukan untuk memperluas bisnis adalah dengan menjalin kerja sama dengan relasi. Kerja sama yang menguntungkan dapat membawa dampak baik untuk kedua pihak sehingga perusahaan pun bisa turut maju dan berkembang.

Di samping semua langkah tersebut, Anda tentu perlu membuat perencanaan yang matang. Perusahaan dapat melakukan inventarisasi aset untuk mengetahui seberapa banyak aset yang dimiliki. Kemudian, perusahaan bisa menyiapkan gudang untuk produk baru hingga menambahkan karyawan serta memperluas wilayah penjualan.