Email Marketing: Ketahui Strateginya agar Pemasaran Sukses

Facebook
Twitter
LinkedIn
email marketing

Apa itu email marketing? Berbedakah dengan email pada umumnya? Email marketing adalah strategi yang digunakan oleh suatu perusahaan untuk mendukung pemasaran. Strategi marketing ini sudah diciptakan sejak tahun 1978.

Jenis email ini dapat menjalin hubungan baik antara perusahaan dan konsumen. Hal ini karena melalui email, perusahaan dapat berpotensi untuk memiliki konsumen baru. Di samping itu, email pemasaran akan membuat pelanggan menjadi setia.

Strategi Pemanfaatan Email Marketing untuk Pemasaran

Email marketing dikatakan membawa dampak baik bagi pemasaran produk perusahaan dalam jangka panjang. Bahkan, ada penelitian yang menyebutkan bahwa sebagian konsumen membeli produk setelah membaca email pemasaran. Agar bisa merasakan manfaat email marketing dengang maksimal, tentu perlu menyiapkan strategi yang tepat.

  • Mengenali kebiasaan calon pelanggan – Langkah awal dalam memanfaatkan email untuk pemasaran adalah mengenali kebiasaan calon pelanggan. Anda harus mengetahui persona calon pelanggan. Dengan begitu, Anda akan lebih mudah memahami selera konsumen. Alhasil, email marketing pun akan lebih mudah diterima sehingga akan berdampak secara maksimal.
  • Menetapkan target penjualan – Setelah mengenali kebiasaan calon konsumen, Anda perlu menetapkan target penjualan. Hal ini bisa dilakukan dengan melakukan riset secara mendalam. Anda bisa menganalisis seberapa besar kemungkinan pelanggan datang berkat adanya email pemasaran. Email pun akan dapat dibuat dengan akurat sekaligus realistis.
  • Mengelompokkan user – Dari kebiasaan calon pelanggan dan target penjualan, Anda bisa mengelompokkan user atau pelanggan. Pengelompokan tersebut dapat didasarkan pada beberapa kriteria. Misalnya saja, pengelompokan pelanggan bisa didasarkan pada minat, usia, jenis pekerjaan, dan lokasi tempat tinggal.
  • Menentukan jenis campaign – Anda perlu juga untuk menentukan jenis campaign sebelum dikirimkan. Campaign bisa disesuaikan dengan calon pelanggan. Hal ini akan berdampak pada kepercayaan pelanggan. Jika sudah percaya, tentu pelanggan akan mudah untuk membeli produk perusahaan.
  • Mengevaluasi dan mengukur hasil – Setelah strategi email pemasaran dilakukan, Anda bisa mengukur hasilnya. Pengukuran hasil tersebut dapat menjadi bahan evaluasi sehingga bisa menghasilkan strategi marketing yang paling tepat.

Dengan memahami strategi tersebut, harapannya Anda dapat merasakan manfaatnya dengan maksimal. Jadikan produk makin dikenal luas masyarakat dengan strategi pemasaran yang tepat.

Baca Juga: Landing Page: Ketahui Pengertian dan Jenis-Jenisnya