Etika Bisnis Syariah, Lakukan Usaha yang Penuh Berkah

Facebook
Twitter
LinkedIn
etika bisnis syariah

Pengertian etika bisnis syariah merujuk pada norma-norma dalam berbisnis yang sesuai dengan ajaran Islam. Dengan kata lain, landasan etika bisnis syariah adalah Al-Qur’an dan Hadist. Lantas, apa saja etika bisnis Islam yang patut diterapkan oleh suatu perusahaan?

Jika ditanyakan terkait etika bisnis Islam, tentu tidak bisa dilepaskan dari prinsip etika bisnis Islam. Adapun prinsip etika bisnis Islam adalah sebagai berikut.

  • Unity: Prinsip etika bisnis Islam yang pertama adalah kesatuan yang merupakan cerminan dari ketauhidan. Konsep dasar kesatuan dalam bisnis Islam adalah menjalankan bisnis sesuai dengan aturan agama. Selain itu, adanya persamaan manusia sebagai makhluk Tuhan.
  • Equilibrium: Dalam etika bisnis Islam, terdapat larangan untuk melakukan kecurangan atau kezaliman. Jika hal tersebut terjadi, tentu akan mendatangkan kemudaratan. Hal yang sering terjadi adalah penjual yang mengurangi takaran timbangan dari konsumen.
  • Free Will: Kebebasan yang dimaksud dalam etika bisnis Islam dilakukan tanpa merugikan pihak lain. Setiap pribadi berhak untuk memenuhi kebutuhan pribadi dengan tidak lupa untuk melaksanakan kewajiban. Selain itu, wajib juga memenuhi hak orang lain atas hartanya.
  • Responsibility: Islam mengajarkan umatnya untuk memiliki sikap tanggung jawab. Oleh karena itu, tanggung jawab menjadi salah satu prinsip etika bisnis Islam. Hal ini menjadi perantara untuk mewujudkan bisnis yang memiliki keadilan dan kesatuan.

Truth: Prinsip kebenaran mengacu pada kejujuran dalam menjalankan proses bisnis. Hal ini sebagai tindakan preventif supaya tidak terjadi kerugian pada kedua belah pihak.

Ketahui Tujuan Etika Bisnis Syariah

Menerapkan etika bisnis syariah tentu memiliki tujuan. Tujuan etika bisnis Islam yang utama adalah menegakkan nilai-nilai agama dalam menjalankan bisnis. Dengan begitu, segala aktivitas bisnis tidak sekadar berorientasi terhadap dunia. Akan tetapi, perilaku bisnis juga bertujuan untuk mendapatkan kesuksesan di akhirat.

Untuk memulainya, perusahaan dapat menerapkan budaya spiritual company. Contoh etika bisnis Islam yang bisa diterapkan adalah menghindari riba dalam semua transaksi yang terjadi.

Sudah siap membangun bisnis dengan berlandaskan nilai-nilai Islam? Persiapkanlah dengan matang untuk meraih kesuksesan!

BACA JUGA: 5 FAKTOR KEGAGALAN USAHA DAN CARA UNTUK MENGATASINYA