Mengapa Hak Merek Dagang Penting bagi Produk?

Facebook
Twitter
LinkedIn
hak merek dagang

Hak merek dagang adalah perlindungan Hak Kekayaan Intelektual bagi pemilik merek untuk menggunakan merek dalam memperdagangkan barang dan atau jasa atau mengizinkan pihak lain untuk menggunakan merek tersebut. Di samping itu, jika sudah mematenkan merek, Anda pun bisa melarang pihak lain untuk menggunakan merek yang dimaksud.

Dalam suatu bisnis, merek memang menjadi hal penting. Pasalnya, merek menjadi kunci penting dalam memasarkan produk atau jasa. Merek menjadi pembeda antara satu bisnis dengan bisnis yang lain sehingga pelanggan mudah dalam mengenali suatu produk. Merek yang bisa dipatenkan berupa tanda yang bisa ditampilkan secara grafis, mulai dari huruf, angka, logo, dan susunan warna dalam wujud dua atau tiga dimensi. 

Contoh hak merek dagang yang menjadi rebutan adalah Bensu. Pengusaha restoran asal Bandung menggunakan merek Bensu yang berasal dari kependekan bengkel susu. Sementara itu, artis Ruben Onsu menggunakan merek dagang tersebut karena diambil dari kependekan namanya. Kasus tersebut sampai dibawa ke pengadilan dengan tuntutan hingga milyaran rupiah.

Baca Juga: Kenali Lebih Lanjut tentang Merger Perusahaan!

Pentingnya Hak Merek Dagang dalam Sebuah Bisnis

Dari penjelasan di atas, tentu Anda tidak ragu untuk mendaftarkan merek dagang, bukan? Agar lebih yakin, perhatikan penjelasan lebih lanjut terkait pentingnya sebuah bisnis untuk memiliki hak merek dagang.

Mencegah pihak lain menggunakan merek dagang serupa

Seperti penjelasan sebelumnya, merek dagang yang sudah didaftarkan atau dipatenkan tidak bisa digunakan tanpa izin pemiliknya. Jika ada pihak lain yang menggunakan suatu merek yang sudah ada, pihak pemilik merek dapat menuntut ganti rugi, seperti halnya yang terjadi pada kasus merek Bensu. Denda yang bisa diajukan paling banyak dua miliar rupiah atau kurungan selama 5 tahun.

Menjadi bukti sah atas kepemilikan merek

Merek yang sudah dipatenkan juga menjadi bukti sah bahwa merek tersebut hanya boleh digunakan oleh bisnis Anda. Jika ada pihak lain yang hendak menggunakannya, tentu memerlukan izin dari Anda. Saat mematenkannya, Anda akan memiliki sertifikat sebagai bukti bahwa merek telah terdaftar di Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual Indonesia.

Mendapatkan perlindungan hukum

Setiap merek dagang yang terdaftar akan mendapat perlindungan hukum selama 10 tahun. Anda berhak menggugat pihak lain yang menggunakan merek dagang yang sudah didaftarkan tersebut. Namun, pastikan bahwa pengguna merek berasal dari Indonesia karena peraturan tersebut bersifat teritorial.