5 Karakteristik Pengusaha Sukses yang Harus Anda Miliki!

Facebook
Twitter
LinkedIn
Karakteristik Pengusaha

Karakteristik pengusaha sukses harus Anda miliki jika ingin berhasil dalam menjalankan bisnis. Anda bisa menggali karakter-karakter tersebut dari tokoh-tokoh bisnis yang ada di Indonesia bahkan dunia yang telah berhasil mencapai kesuksesan. Misalnya saja, Anda bisa melihat karakter dari Chairul Tanjung yang menjadi orang di balik besarnya Trans Corp, Bank Mega, dan CT Global Resources.

Chairul Tanjung yang dijuluki si anak singkong ini memiliki jiwa yang gigih dalam membangun bisnis. Meski pernah mengalami kegagalan bahkan bangkrut, ia pantang menyerah. Kini ia dikenal sebagai pengusaha sukses sekaligus konglomerat yang diperhitungkan di Indonesia.

Sementara itu, karakteristik pengusaha yang sukses dari dunia dapat Anda temui pada sosok Jack Ma. Sebelum membangun bisnis e-commerce Alibaba, ia sempat ditolak bekerja di KFC. Bahkan, ia menjadi satu-satu pelamar yang ditolak saat itu. Hingga ia berpikir untuk membuat perusahaan sendiri.

Baca juga: 5 Cara Manfaatkan Affiliate Marketing untuk Raup Untung!

Dari kisah para tokoh bisnis yang sukses, kita bisa mengambil sikap-sikap positif yang menjadi kunci kesuksesan mereka. Berikut ini telah kami rangkum karakteristik pengusaha sukses yang sebaiknya Anda miliki dan pelajari.

1. Memiliki Rasa Ingin Tahu

Rasa ingin tahu yang tinggi haruslah dimiliki oleh Anda sebagai seorang pengusaha. Adanya rasa tahu tersebut akan mendorong Anda untuk terus mencari peluang dalam bisnis. Anda tidak boleh berpuas diri terhadap apa yang sudah dicapai perusahaan.

2. Mampu Beradaptasi

Kondisi pasar dan dunia bisnis senantiasa mengalami perubahan. Karena itulah, sebagai pengusaha Anda harus mampu beradaptasi dalam berbagai keadaan. Anda harus mampu mengevaluasi situasi sehingga bisa beradaptasi dengan baik.

3. Kreatif dan Inovatif

Kompetitor bisnis selalu ada di sekitar Anda. Namun, Anda tidak perlu khawatir jika memiliki jiwa kreatif dan inovatif. Anda bisa menghadirkan produk atau layanan yang berbeda dari kompetitor. Selain itu, Anda bisa menerapkan strategi penjualan yang kreatif.

4. Berani Ambil Risiko

Risiko dalam bisnis dapat muncul dari berbagai hal, mulai dari keuangan, sumber daya, hingga peralatan yang rusak. Perusahaan harus memiliki strategi yang baik agar siap menghadapi setiap risiko yang menghampiri. Akan lebih baik lagi jika risiko tersebut dihindari.

5. Tidak Takut Gagal

Kegagalan selalu menjadi momok menakutkan bagi seorang pebisnis. Padahal, jika ingin sukses, karakteristik pengusaha tidak boleh takut gagal. Jika memang gagal, mereka akan pantang menyerah dan terus mencoba dengan melakukan perbaikan untuk setiap langkah yang ditempuh.

Selain yang telah disebutkan di atas, tentu ada lagi karakteristik pengusaha yang harus Anda miliki agar bisnis yang dijalani sukses. Misalnya, Anda harus memiliki pengetahuan cukup, memiliki kemampuan bersosialisasi, berjiwa empati, dan percaya diri serta optimis.