7 Langkah Membuat Iklan Digital Menarik dan Efektif

Facebook
Twitter
LinkedIn
Iklan Digital

Iklan online atau iklan digital adalah sarana pemasaran produk atau layanan yang berbasis internet. Jenis jenis iklan digital sangatlah banyak. Salah satu contoh iklan digital yang kerap dimanfaatkan oleh perusahaan adalah search engine marketing atau SEM.

Sebagai salah satu sarana promosi, tentu iklan jenis ini memiliki kelebihan dan kekurangan. Lantas apa kelebihan dan kekurangan dari iklan digital?

Kelebihan:

  1. Memudahkan pemasaran, dari segi pembuatan hingga penyebaran.
  2. Memudahkan komunikasi antara produsen dan konsumen.
  3. Menghemat anggaran untuk promosi produk atau jasa.
  4. Memiliki jangka promosi yang lebih panjang.

Kekurangan:

  1. Adanya persaingan sengit dengan kompetitor.
  2. Konten iklan mudah ditiru oleh pihak kompetitor.
  3. Selalu menuntut kreativitas dan inovasi untuk konten iklan.

Baca juga: 5 Tahapan Manajemen Isu untuk Pertahankan Perusahaan

Cara Membuat Iklan Digital Menarik dan Efektif

Dengan mengetahui kelebihan dan kekurangannya, sebuah perusahaan tentu mudah dalam memutuskan apakah hendak membuat iklan online atau tidak. Jika hendak membuatnya, perusahaan tentu ingin mendapatkan iklan yang menarik dan efektif. Maka dari itu, ikutilah langkah membuat iklan berikut ini.

1. Mengenali produk dengan baik

Langkah awal saat hendak beriklan adalah mengenali produk dengan baik. Anda bisa melakukan analisis SWOT terhadap produk yang hendak diiklankan. Setelah itu, Anda petakan informasi yang hendak disampaikan kepada konsumen.

2. Melakukan riset pasar

Riset pasar dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui kondisi pasar. Mulailah dengan mengenali target pasar Anda. Kemudian, Anda bisa mencari tahu terkait perilaku target saat memilih produk. Tidak lupa juga cara tahu platform yang mudah diakses konsumen.

3. Memantau aktivitas kompetitor

Kompetisi dalam iklan online memang cenderung lebih sengit. Anda bisa melakukan pengawasan terhadap iklan kompetitor. Dengan begitu, Anda bisa menghadirkan iklan produk atau layanan yang lebih inovatif dan menarik bagi konsumen.

4. Memilih platform untuk beriklan

Dari riset pasar yang dilakukan Anda akan mendapati platform yang paling tepat untuk beriklan. Untuk itulah, Anda perlu mempelajari platform tersebut lebih lanjut. Pastikan juga akan mampu memanfaatkan platform tersebut dengan maksimal.

5. Memproduksi iklan kreatif

Kemudian langkah selanjutnya adalah memproduksi iklan kreatif. Iklan dikatakan kreatif karena berbeda dari yang lain dan mampu menggugah emosi konsumen. Oleh karena itu, sebaiknya iklan yang relate dengan konsumen dan mengandung pesan yang tepat.

6. Menyertakan call to action

Anda tidak boleh melupakan call to action pada iklan yang dibuat. Pasalnya, tujuan dari beriklan adalah produk atau layanan yang ditawarkan diterima dan digunakan oleh masyarakat. Ajaklah konsumen secara halus agar lebih tersugesti.

7. Menentukan anggaran iklan

Tidak lupa juga sebaiknya dibuat perencanaan anggaran iklan. Rencana anggaran dapat dibuat dengan mempertimbangkan jenis konten dan platform yang digunakan. Hal ini karena beberapa platform dapat dimaksimalkan tanpa mengeluarkan biaya.

Jadi, siapkah perusahaan Anda untuk beriklan dengan berbasis internet?