Relasi Bisnis, Elemen Penting untuk Majukan Usaha Anda!

Facebook
Twitter
LinkedIn
Relasi Bisnis

Relasi bisnis menjadi salah satu elemen penting untuk memajukan perusahaan. Bisnis tanpa relasi mungkin akan berkembang, tetapi akan menapaki jalan yang lebih sulit. Untuk itulah, perlu untuk memperluas relasi. Dengan kata lain, fungsi relasi bisnis adalah membantu perusahaan untuk meraih kesuksesan. Namun, sebenarnya apa itu relasi bisnis?

Relasi bisnis adalah mitra atau rekanan yang saling mendukung untuk mencapai suatu tujuan. Contoh relasi bisnis adalah vendor yang menyediakan bahan baku untuk proses produksi. Contoh lainnya adalah konsumen yang menjadi pengguna produk. Bahkan, konsumen menjadi relasi yang paling penting bagi perusahaan.

Begitu pentingnya relasi menuntut perusahaan agar terus mengembangkannya. Kunci utama keberhasilan didalam bisnis dan memperbanyak relasi bisnis adalah strategi yang tepat. Berikut ini adalah cara membangun relasi bisnis yang bisa diikuti.

  • Utamakan Memberi daripada Meminta

Hubungan dengan relasi bukanlah hubungan satu arah. Jika perusahaan hendak mendapatkan manfaat dari relasi, utamakan untuk memberi terlebih dahulu. Dengan memberi, secara otomatis relasi akan membalas sehingga akan tercipta hubungan yang saling membutuhkan.

  • Menunjukkan Kelebihan Diri

Penting bagi suatu perusahaan untuk menonjolkan kelebihan yang dimiliki. Selain sebagai upaya untuk membangun citra positif perusahaan, menunjukkan kelebihan diri juga dapat menjaring relasi. Relasi tentu tidak akan segan bergabung dengan perusahaan yang memiliki kelebihan.

  • Harus Lebih Proaktif

Rasanya agak tidak mungkin jika sebuah perusahaan yang hanya menunggu akan mendapatkan banyak relasi. Perusahaan harus melakukan aksi tertentu agar hubungan dengan relasi bisa terbentuk. Misalnya saja, perusahaan aktif mengikuti pameran bisnis.

BACA JUGA: DIGITAL PUBLIC RELATIONS: ERA BARU PERUSAHAAN BERINTERAKSI

Kenali Jenis Relasi Bisnis yang Perlu Dipertimbangkan

Setelah mengetahui cara membangun relasi, perusahaan perlu mengetahui jenis relasi atau mitra kerja. Dengan mengetahui jenisnya, perusahaan bisa memilih relasi yang dibutuhkan. Berikut ini adalah jenis relasi yang dapat membantu mengembangkan suatu usaha.

  • Mitra Perusahaan

Relasi kemitraan menjadi hal penting terutama bagi perusahaan yang masih berskala kecil. Perusahaan bisa menjalin relasi dengan pemilik bisnis lain yang sudah berkembang. Dengan membangun relasi kemitraan, perusahaan dapat lebih mudah dalam menjangkau pelanggan.

  • Relasi Keuangan

Masalah keuangan menjadi problem krusial bagi sebuah perusahaan. Untuk itulah, penting bagi suatu perusahaan memiliki mitra yang berkutat pada perencanaan atau penasihat keuangan. Jika memungkinkan, akan lebih baik jika perusahaan memiliki perencana dan penasihat keuangan internal.

  • Mentor

Mentor untuk sebuah perusahaan bisa seorang pengusaha yang sudah sukses. Adanya mentor tersebut akan membantu mengembangkan usaha. Mentor akan membantu menyiapkan strategi dan meminimalisasi terjadinya kesalahan dalam perusahaan.

  • Pelanggan dan Karyawan

Karyawan menjadi tiang utama dalam menjalankan sebuah usaha atau bisnis. Hal ini karena sebuah usaha tentu tidak bisa berjalan dengan sendirinya. Selain itu, perusahaan juga perlu memperhatikan hubungan dengan pelanggan. Pastikan perusahaan bisa membangun kepercayaan pelanggan sehingga tercipta loyalitas.

  • Kompetitor

Tidak disangkal jika dalam menjalankan bisnis tentu akan ditemukan kompetitor. Meskipun bersaing, ternyata perusahaan perlu membangun relasi dengan kompetitor. Dengan melihat kompetitor, perusahaan dapat menciptakan inovasi baru terkait bisnis yang digeluti.

Ada beragam cara untuk membangun hubungan dengan relasi. Setelah terbentuk, perusahaan sudah semestinya meningkatkan hubungan tersebut. Salah satunya adalah dengan menghadirkan souvenir yang tentunya merefleksikan perusahaan.

BACA JUGA: DIGITAL BRANDING: TEROBOSAN BARU UNTUK MERAUP KEUNTUNGAN!