Jangan Lewatkan! 5 Manfaat Riset Pasar bagi Bisnis Anda

Facebook
Twitter
LinkedIn
riset pasar

Riset pasar adalah proses yang dilakukan untuk mengumpulkan dan menganalisis data yang ada di pasar secara lebih sistematis. Tujuan riset pasar adalah memastikan bahwa pengambilan keputusan terkait strategi pemasaran efektif dan efisien. Dengan begitu, perusahaan akan merasakan dampak yang signifikan.

Tahapan riset pasar setidaknya ada enam proses yang harus dilalui. Langkah awal riset pasar adalah menentukan masalah dan tujuan. Setelah itu, riset dilanjutkan dengan menentukan desain penelitian, lalu metode yang hendak digunakan. Jika sudah siap, riset dilanjutkan dengan mengumpulkan data dan dilanjutkan menganalisisnya. Setelah selesai, hasil riset akan dituangkan dalam laporan sebagai bukti tertulis.

Manfaat Riset Pasar

Perusahaan menginginkan data akurat terkait kondisi pemasaran. Tujuannya adalah agar dapat menyiapkan strategi pemasaran yang tepat. Maka dari itu, perusahaan melakukan riset pemasaran. Adapun manfaat dari riset adalah sebagai berikut.

Baca Juga: 5 Elemen Strategi Pemasaran Untk Dukung Penjualan

Meminimalkan risiko

Manfaat riset pemasaran adalah menentukan formula yang tepat untuk target pasar yang menjadi sasaran. Dengan begitu, risiko bisnis, terutama yang berkaitan dengan pemasaran, dapat diminimalkan. Aktivitas pemasaran pun akan lebih efektif.

Mengidentifikasi peluang

Riset dilakukan juga untuk mengidentifikasi peluang. Jika perusahaan mengetahui peluang yang tepat, tentu penjualan akan sukses. Hal tersebut tentu akan berdampak pada peningkatan pendapatan perusahaan yang berdampak pada kemajuan.. 

Mengidentifikasi potensi masalah

Tidak sekadar peluang yang teridentifikasi, potensi masalah yang berkaitan dengan pemasaran juga akan terlihat dengan melakukan riset. Jika potensi masalah terlihat, tentu perusahaan dapat merancang solusi terbaik agar masalah tidak makin meluas.

Merancang masa depan

Riset pemasaran sebaiknya dilakukan di awal saat membangun bisnis. Namun, akan lebih baik lagi jika riset dilakukan secara berkala karena seiring berjalannya waktu kondisi lingkungan mengalami perubahan. Dengan melakukan riset, perusahaan bisa menyesuaikan diri dengan perubahan sehingga masa depan bisa diperkirakan.

Memahami tren

Seperti penjelasan sebelumnya, tren dari masa ke masa mengalami perubahan. Perusahaan mau tidak mau harus mengikuti perubahan tren agar tetap bertahan. Terlebih lagi, jika kompetitor begitu gigih mengikuti tren yang ada.

Jadi, lakukan riset sebelum Anda membangun bisnis. Jangan lupa riset tetap dilakukan secara berkala untuk mengikuti perubahan sesuai zaman.