Peran humas dalam perusahaan sangatlah krusial. Humas berperan dalam menangani masalah-masalah krisis perusahaan. Peran humas dalam menangani krisis perusahaan adalah menjalin komunikasi dengan publik ketika perusahaan sedang mengalami krisis. Selain itu, humas atau public relations menyiapkan materi untuk menjawab kegelisahan yang muncul dari masyarakat yang menyebabkan krisis.
Humas tidak sekadar berperan untuk menangani krisis yang muncul di perusahaan, tetapi juga berperan dalam membangun dan menciptakan citra perusahaan. Peran humas dalam meningkatkan citra perusahaan dapat terwujud dengan baik apabila humas mampu membangun koneksi yang baik. Tentunya, peran humas dalam perusahaan masih banyak. Agar menjalankan peran tersebut, humas membutuhkan strategi yang paling sesuai.
Beberapa Peran Humas dalam Perusahaan
Humas adalah salah satu jabatan dalam sebuah organisasi. Humas memiliki peran penting dalam organisasi, baik yang berbentuk kepanitian acara, sekolah, maupun perusahaan. Peran humas dalam perusahaan sudah dibahas secara singkat dalam pembahasan sebelumnya. Peran tersebut saling berkaitan dengan tugas humas. Kali ini kami akan membahas peran humas secara lebih rinci. Simak penjelasannya di bawah ini.
1. Menyampaikan informasi dalam perusahaan
Humas adalah bagian yang berperan mengurusi komunikasi, baik komunikasi internal maupun eksternal. Dalam komuniasi internal perusahaan, humas berperan menyampaikan berbagai informasi ke seluruh bagian di perusahaan. Peran humas dalam penyampaian informasi di perusahaan bisa dilakukan secara langsung atau tertulis melalui surat.
2. Merencanakan strategi komunikasi publik
Tugas utama dari seorang humas yang lain adalah berkomunikasi dengan publik. Karena itulah, humas haruslah merencanakan strategi komunikasi publik. Dengan membuat perencaan komunikasi, informasi yang ingin disampaikan akan lebih tepat sasaran. Perencanaan tersebut dapat berisi tentang informasi yang ingin disampaikan, sasaran atau target, serta cara menyampaikan yang meliputi media penyampaiannya.
BACA JUGA: TANTANGAN PUBLIC RELATIONS PERUSAHAAN DI MASA PANDEMI DAN SOLUSINYA
3. Membangun hubungan dengan media
Membangun hubungan dengan media adalah bagian dari komunikasi bagi sebuah perusahaan. Maka dari itu, membangun hubungan dengan media adalah bagian dari peran humas. Jika hubungan dengan media baik, humas juga akan terbantu dalam menyampaikan informasi ke publik.
4. Mengelola media sosial
Media sosial perusahaan menjadi salah satu sarana komunikasi bagi perusahaan. Tidak mengherankan jika mengelola media sosial juga menjadi tugas humas. Dalam mengelola media sosial, humas bisa meminta bantuan konten kreator untuk membuat konten yang menarik.
5. Mengakomodasi kegiatan perusahaan
Humas juga memiliki peran dalam mengakomodasi kegiatan perusahaan, terlebih kegiatan tersebut berkaitan dengan pengenalan perusahaan ke publik. Dalam mengadakan acara, humas berhak melibatkan semua pihak perusahaan. Hanya saja, konsep acara tetap berasal dari humas meski tidak menutup saran dari pihak lain.
6. Mengevaluasi opini publik
Tidak jarang suatu perusahaan mendapatkan opini dari publik. Opini tersebut dapat berupa saran, masukan, kritik, bahkan keluhan. Humas harus mampu mengelola setiap opini tersebut dengan baik. Jangan sampai opini dari publik diabaikan karena bisa jadi opini tersebut dapat membangun perusahaan.
7. Mengelola masalah perusahaan
Suatu perusahaan tentunya tidak bisa lepas dari suatu permasalahan. Masalah yang muncul di perusahaan tentu harus segera teratasi agar tidak memunculkan masalah yang berkelanjutan. Humas berperan khusus untuk membantu masalah perusahaan tersebut agar tidak makin melebar.
8. Membantu promosi perusahaan
Meski perusahaan memiliki marketing, humas tetap bisa membantu proses pemasaran. Proses pemasaran dari humas tentu akan berbeda dari marketing. Humas hanya sekadar sebagai pendukung agar masyarakat lebih mengenal produk atau jasa dari perusahaan.
9. Meningkatkan citra perusahaan
Humas juga berperan untuk meningkatkan citra perusahaan. Humas dapat memanfaatkan media sosial untuk meningkatkan citra perusahaan. Selain itu, humas bisa bekerja sama dengan media untuk menciptakan branding perusahaan.
Itulah beberapa peran humas dalam perusahaan. Humas perusahaan harus mampu menjalankan setiap peran tersebut dengan baik agar tidak terjadi kekacauan.
BACA JUGA: KIAT MENANGANI KELUHAN PELANGGAN UNTUK MEMBANGUN KEPERCAYAAN