5 Upaya Optimalkan Kepuasan Pelanggan demi Kemajuan Bisnis

Kepuasan Pelanggan

Bagi sebuah perusahaan, kepuasan pelanggan adalah hal yang penting. Hal ini karena kepuasan konsumen dapat meningkatkan keuntungan perusahaan, baik secara langsung maupun tidak langsung. Kepuasan tersebut dipengaruhi oleh beberapa faktor. Adapun faktor yang mempengaruhi kepuasan pelanggan adalah sebagai berikut. Pelayanan: Pelayanan menjadi pilar utama untuk membangun hubungan baik antara perusahaan dan konsumen. Kepuasan pelanggan atas … Read more

Budaya Perusahaan: Nilai-Nilai Pembangun Karakteristik

Budaya Perusahaan

Apa itu budaya perusahaan? Budaya perusahaan adalah nilai-nilai dan norma-norma yang diterapkan oleh perusahaan untuk ditaati oleh segenap karyawannya. Contoh budaya perusahaan yang bisa ditemukan adalah adanya larangan merokok di tempat kerja pada saat jam kerja. Budaya korporasi begitu krusial untuk dipahami dengan baik, terutama untuk segenap sumber daya yang terlibat. Lantas, apa pentingnya budaya … Read more

Kenali Tugas Public Relation: Juru Komunikasi Perusahaan

tugas public relation

Tugas public relation berpengaruh terhadap perkembangan dan kemajuan perusahaan. Memang, apa saja tugasnya? Sebelum membahas tugasnya, ada baiknya kita ketahui terlebih dahulu apa itu public relation? Hal tersebut akan berpengaruh terhadap pemahaman. Public relation atau humas merupakan interaksi antara perusahaan dan pihak lain. Dengan demikian, tugas utama public relation adalah menjalin komunikasi dengan pihak lain. … Read more

Contoh Rundown Acara Seminar untuk Promosi Perusahaan

Rundown Acara Seminar

Rundown acara seminar diperlukan sebagai acuan dalam penyelenggaraan event perusahaan. Acara seminar adalah suatu pertemuan yang membahas masalah tertentu kemudian berupaya untuk menyelesaikanya. Oleh karena itu, dalam acara seminar diundang ahli atau pakar yang berkaitan dengan permasalahan yang sedang dibahas. Rundown acara seminar atau susunan acara seminar dibutuhkan untuk menjaga agar acara berlangsung dengan tepat … Read more

5 Event Virtual untuk Menunjang Promosi Perusahaan

event virtual

Pandemi Covid-19 menginisiasi terselenggaranya event virtual. Hal ini bertujuan untuk mencegah kerumunan dan kontak fisik sehingga tidak terjadi penularan virus. Namun, kini acara yang berbasis online tersebut telah populer di kalangan masyarakat. Bahkan, sering dijadikan sebagai media promosi perusahaan. Contoh Event Virtual untuk Promosi Perusahaan Event dalam perusahaan pada dasarnya diadakan dengan tujuan untuk memperkenalkan … Read more

Buku Stok Barang: Elemen Penting untuk Kelola Inventory

Buku Stok Barang

Adanya buku stok barang akan membantu pengelolaan persediaan di perusahaan. Data yang tersimpan dalam buku tersebut dapat berupa laporan stok barang keluar masuk. Hal ini akan meminimalisasi kekacauan. Buku stok barang adalah buku yang berisi catatan data stok barang yang ada di gudang. Untuk melengkapinya, biasanya ada tambahan kartu stok barang. Kartu ini berfungsi untuk … Read more

Surat Penawaran Bisnis: Pahami dan Perhatikan Contohnya

surat penawaran bisnis

Jika berbicara tentang perusahaan, tidak bisa dilepaskan dari surat penawaran bisnis. Lalu, apa pengertian surat penawaran bisnis? Surat penawaran adalah surat resmi yang dibuat dengan tujuan untuk menawarkan produk kepada pelaku usaha lain. Dengan kata lain, surat penawarannya bertujuan untuk menjalin kerja sama. Di samping itu, surat penawaran juga dapat disampaikan ke suatu instansi sebagai … Read more

Terapkan 5 Strategi Promosi Berikut untuk Gaet Konsumen

Strategi Promosi

Meskipun penting, masih banyak yang belum memahami apa itu strategi promosi. Oleh karena itu, penting untuk membahas pengertian strategi promosi. Strategi promosi adalah cara yang dilakukan perusahaan untuk menawarkan produk atau jasa kepada konsumen. Dilihat dari pengertiannya, tujuan strategi promosi adalah untuk menggaet konsumen. Makin banyak konsumen yang tertarik kemudian membeli produk, tentu target perusahaan … Read more

5 Strategi Pemasaran yang Dapat Diterapkan di Masa Sulit

strategi pemasaran

Untuk menunjang penjualan perusahaan tentunya membutuhkan strategi pemasaran. Strategi pemasaran adalah bentuk perencanaan untuk mengenalkan brand perusahaan secara luas. Tujuan strategi pemasaran adalah mencapai target yang telah ditentukan oleh perusahaan. Ada berbagai jenis strategi pemasaran produk. Namun, yang perlu diwaspadai oleh perusahaan adalah masa sulit. Strategi penjualan yang diterapkan tentu harus berbeda agar tidak membuat … Read more

5 Cara Ampuh Tangani Komplain Pelanggan dengan Efektif

Komplain Pelanggan

Kasus komplain pelanggan hampir tidak bisa dihindari oleh setiap perusahaan. Komplain adalah keluhan yang muncul karena adanya ketidaksesuaian. Dengan demikian, komplain pelanggan adalah keluhan dari konsumen karena merasa tidak puas dengan pelayanan atau produk dari suatu perusahaan. Contoh komplain pelanggan yang sering terjadi berkaitan dengan produk. Bentuk komplain dapat berupa konsumen mendapatkan produk dengan kualitas … Read more

5 Langkah Sukseskan Strategi Branding Produk agar Makin Dikenal Luas

branding produk

Branding produk menjadi istilah yang lazim didengar, terutama di kalangan pebisnis. Namun, sejatinya apa itu branding produk? Branding produk adalah istilah yang mengacu pada identitas sebuah produk. Contoh branding produk yang populer adalah Nike yang merupakan merek berbagai perlengkapan olahraga. Selain menjadi identitas, branding dilakukan untuk memperkuat karakteristik barang yang dijual. Hal tersebut akan berdampak … Read more

5 Pilihan Event Marketing yang Patut Dicoba Perusahaan!

Event Marketing

Event marketing adalah salah satu bentuk strategi pemasaran dalam dunia bisnis. Manfaat event marketing yang dapat dirasakan adalah meningkatnya brand awareness. Artinya, adanya event tersebut akan membangun rasa percaya konsumen terhadap produk perusahaan. Event yang demikian juga dapat memperluas jaringan bisnis. Selain itu, fungsi event marketing adalah untuk menarik simpati konsumen agar penjualan makin meningkat. … Read more