After Sales Service: Cara Menjaga Loyalitas Pelanggan

Facebook
Twitter
LinkedIn
After Sales Service: Cara Menjaga Loyalitas Pelanggan

After sales service adalah hal penting yang harus dilakukan oleh perusahaan. Namun, sudah tahukah Anda apa itu after sales service. Pelayanan setelah penjualan adalah kegiatan yang dilakukan oleh perusahaan setelah terjadi transaksi pembeli untuk memastikan bahwa pelanggan merasa puas dengan produk yang dibelinya.

Contoh after sales service adalah memberikan hadiah khusus pada pelanggan. Misalnya saja, setelah pelanggan membeli produk, Anda bisa memberikannya voucher potongan harga yang bisa digunakan pada pembelian produk yang berikutnya.

Fungsi after sales service adalah meningkatkan loyalitas pelanggan sehingga tidak beralih ke produk kompetitor. Di samping itu, layanan ini juga akan membedakan brand perusahaan dengan kompetitor. Yang lebih penting, hal ini akan mendukung inovasi produk serta membantu meningkatkan penjualan produk.

Baca juga: Action Plan: Rencanakan Tugas Bisnis untuk Capai Tujuan

Tips Melakukan After Sales Service

Layanan setelah terjadi penjualan bisa Anda mulai dengan melakukan follow up. Hal ini untuk mengetahui apakah konsumen mendapat kendala terkait produk yang dibeli. Kemudian, pastikan juga bahwa tidak ada hambatan dalam proses pengiriman barang. Jika pelanggan bertanya terkait produk responslah dengan cepat. Agar bisa melakukan pelayanan yang maksimal, ikutilah tips berikut.

1. Menyampaikan terima kasih kepada konsumen

Setelah pelanggan melakukan transaksi pembeli, penting untuk perusahaan mengucapkan terima kasih. Akan lebih baik jika ucapan terima kasih dilakukan secara langsung selesai transaksi dilakukan. Namun, Anda bisa mengucapkan terima kasih kembali melalui pesan elektronik.

2. Membangun hubungan baik dengan pelanggan

Pembeli yang sudah melakukan pembelian bisa Anda tanyakan beberapa setelahnya terkait produk yang mereka beli. Anda bisa menanyakan pengalaman pemakaian produk tersebut, Hal ini merupakan upaya untuk membangun hubungan baik dengan pelanggan.

3. Menjaga komunikasi dengan pelanggan

Jangan memutus komunikasi setelah transaksi jual beli terjadi. Anda sebaiknya menjaga komunikasi dengan pelanggan. Misalnya saja, Anda menghubungi pelanggan ketika ada promo produk atau diskon produk pada momen tertentu.

4. Memberikan garansi kepada pelanggan

Garansi adalah jaminan yang diberikan oleh perusahaan terhadap produk yang dijualnya. Dengan adanya garansi tersebut, konsumen akan merasa tenang ketika membeli. Pelanggan juga tidak cemas akan kualitas produk yang dibelinya.

5. Menawarkan pelayanan pemeliharaan

Tidak hanya garansi, sebaiknya Anda juga menawarkan pelayanan pemeliharaan produk setelah dibeli. Pelayanan pemeliharaan produk sebaiknya bebas biaya sebagai bonus. Hal ini bertujuan agar pelanggan merasa aman jika produk yang dibeli tidak berfungsi.

Silakan ikuti tips tersebut agar pelanggan Anda merasa puas.