Perusahaan Harus Tahu, 7 Tujuan Adanya Manajemen Aset

Manajemen Aset

Manajemen aset adalah kegiatan pengelolaan aset milik perusahaan yang mendukung aktivitas perusahaan. Sementara itu, aset adalah semua hal yang bernilai ekonomi. Dalam pengelolaannya, ada tahapan yang perlu dilakukan oleh perusahaan. Adapun tahapan manajemen aset perusahaan adalah sebagai berikut. Merencanakan kebutuhan aset Mengadakan aset Melakukan inventarisasi Menerapkan uji tuntas hukum Memelihara aset Memberi penilaian Menghapus dan … Read more

Inilah 3 Kelebihan dan Kekurangan Konsep Penjualan!

Inilah 3 Kelebihan dan Kekurangan Konsep Penjualan!

Konsep penjualan dan pemasaran sering digunakan oleh pengusaha. Kedua istilah tersebut sering disamakan padahal memiliki makna yang berbeda. Konsep penjualan adalah konsep bisnis yang berfokus pada strategi untuk menjual produk atau jasa. Sementara itu, konsep pemasaran adalah konsep yang berfokus pada proses pemasaran untuk memaksimalkan keuntungan. Agar lebih jelas, perhatikanlah perbedaan konsep pemasaran dan konsep … Read more

7 Kebiasaan Pengusaha Sukses yang Wajib Anda Miliki!

Pengusaha Sukses

Banyak orang bermimpi menjadi pengusaha sukses. Hal ini karena banyaknya kisah inspiratif pengusaha sukses yang mewarnai dunia ini. Anda bisa menemukan kisah pengusaha sukses di Indonesia bahkan di dunia dalam berbagai buku dan sumber bacaan internet. Lantas, bagaimana cara menjadi seperti mereka? Kebiasaan Pengusaha Sukses yang Patut Anda Ikuti! Cara menjadi pengusaha sukses yang paling … Read more

5 Jenis Laporan Keuangan untuk Kembangkan Bisnis Anda

laporan keuangan

Laporan keuangan adalah catatan yang berisi informasi keuangan suatu perusahaan dalam satu periode. Manfaat laporan keuangan adalah mengetahui kondisi finansial suatu perusahaan sehingga lebih mudah dalam mengelola dana. Dengan begitu, jenis laporan ini penting untuk dimiliki oleh sebuah perusahaan. Jenis Laporan Keuangan yang Wajib Dimiliki Perusahaan Dengan mengetahui manfaatnya, tentu perusahaan tidak ragu lagi untuk … Read more

5 Teknologi Bisnis yang Wajib Ada dalam Perusahaan Anda!

Teknologi Bisnis

Teknologi bisnis adalah perangkat yang dimanfaatkan untuk mendukung manajemen perusahaan menjadi lebih mudah. Di era serba digital seperti sekarang, teknologi dalam mengelola perusahaan memang dibutuhkan agar aktivitas yang dilakukan lebih praktis. Contoh teknologi bisnis yang bisa diterapkan adalah sistem presensi atau pencatatan kehadiran dengan aplikasi. Manfaat teknologi informasi dalam bisnis adalah mempermudah aktivitas yang bertujuan … Read more

5 Hal yang Penting Diperhatikan dalam Kerjasama Bisnis

5 Hal yang Penting Diperhatikan dalam Kerjasama Bisnis

Kerjasama bisnis adalah upaya yang dilakukan oleh dua pihak untuk mencapai tujuan usaha bersama. Dengan kata lain, tujuan kerjasama bisnis adalah mengembangkan dan memajukan usaha secara bersama-sama. Hal ini kerap dilakukan oleh berbagai perusahaan, dari skala kecil hingga besar. Sayangnya, dalam melakukannya terkadang muncul penipuan kerjasama bisnis yang merugikan salah satu pihak. Oleh karena itu, … Read more

7 Risiko Bisnis yang Patut untuk Diwaspadai Perusahaan Anda

Risiko Bisnis

Risiko bisnis adalah berbagai hal yang kurang menyenangkan yang dapat merugikan perusahaan bahkan menyebabkan kebangkrutan. Risiko di suatu perusahaan dapat disebabkan oleh faktor internal atau eksternal. Faktor internal penyebab risiko, antara lain, adalah manajemen yang kurang memadai. Untuk mengantisipasi hal-hal yang mengancam dari dalam, perusahaan perlu membentuk manajemen risiko bisnis. Dengan begitu, pengelolaan risiko bisnis … Read more

7 Jenis Analisis Penjualan Beserta dengan Manfaatnya

Analisis penjualan

Sales analysis atau analisis penjualan adalah laporan detail yang menjelaskan performa penjualan perusahaan, data konsumen, dan pendapatan. Adanya analisis penjualan ini  akan membantu perusahaan dalam mengevaluasi performa penjualan yang dilakukan. Penerapan analisis penjualan tentu mendatangkan manfaat bagi perusahaan. Salah satu manfaatnya adalah perusahaan dapat memahami konsumen dengan lebih baik lagi. Di samping itu, perusahaan akan … Read more

5 Alasan Pentingnya Memperhatikan Etika Pemasaran

Etika Pemasaran

Etika pemasaran adalah standar moral yang diterapkan dalam pengambilan keputusan dan tindakan terkait pemasaran. Konsep etika pemasaran diberlakukan agar perusahaan tidak menyinggung pihak tertentu saat melakukan promosi. Hal ini sebagai upaya untuk mencegah terjadinya permasalahan hukum yang menyeret nama perusahaan. Prinsip etika pemasaran sangat penting untuk dijunjung. Adapun prinsip tersebut berupa kejujuran, otonomi, saling menguntungkan, … Read more

Patut Waspada! 5 Gimmick Marketing yang Bisa Rusak Brand

Gimmick Marketing

Gimmick marketing adalah strategi yang bertujuan untuk menarik perhatian audiens terhadap produk atau layanan dari perusahaan. Meski namanya terkesan “gimmick” atau sensasional, strategi ini tidak selalu berhubungan dengan trik tipu daya. Dalam praktiknya, gimmick marketing menggunakan event, produk inovatif, dan konten yang tidak biasa untuk menarik perhatian penonton dan meningkatkan brand awareness. Contoh Gimmick Marketing … Read more

Manajemen Pemasaran: Sudah Tahu Fungsi dan Tujuannya?

Manajemen Pemasaran

Marketing management atau manajemen pemasaran adalah usaha untuk merencanakan dan menerapkan kegiatan yang berkaitan dengan pemasaran. Kegiatan yang dimaksud berupa pengorganisasian, pengawasan, dan pengendalian pemasaran agar tujuan perusahaan tercapai dengan lebih efektif dan efisien. Oleh karena itu, marketing management begitu dibutuhkan oleh sebuah perusahaan. Dari penjelasan terkait definisinya dapat diketahui fungsi manajemen pemasaran sebagai berikut. … Read more

Penting! 5 Alasan Perusahaan Perlu Melakukan Audit Internal

Audit Internal

Proses audit internal adalah proses penilaian dan evaluasi terhadap pengelolaan bisnis oleh manajemen perusahaan. Penilaian dan evaluasi dilakukan pada semua aspek perusahaan, mulai dari finansial hingga proses pelaporan. Tujuan audit internal adalah menghindari laporan yang cacat dari segi administratif dan instrik. Tahapan audit internal dilakukan dengan perencanaan jadwal dan proses. Kemudian, tahapan dilanjutkan dengan proses … Read more