Digital Public Relations: Era Baru Perusahaan Berinteraksi

Digital Public Relations (2)

Digital public relations (digital PR) menjadi cara baru bagi perusahaan untuk menunjukkan eksistensinya di tengah hiruk-pikuk persaingan bisnis. Seperti yang diketahui, saat ini teknologi digital begitu merajai kehidupan. Semua hal, termasuk bisnis, pasti memanfaatkan teknologi digital sebagai sarana pendukung. Lantas, sebenarnya apa itu digital public relation? Digital public relations adalah serangkaian upaya yang dilakukan untuk … Read more

Peningkatan Cyber Public Relations bagi Perusahaan

peningkatan cyber public relations

Di tengah kemajuan teknologi, public relations pun turut memanfaatkannya. Terlebih lagi, saat masa pandemi Covid-19 masih berlangsung, public relations benar-benar bergantung pada kemajuan teknologi. Oleh karena itu, perlu peningkatan cyber public relations. Lantas apa yang dimaksud dengan cyber public relations? Cyber public relations adalah membangun komunikasi yang baik dengan publik dengan memanfaatkan teknologi digital. Cyber … Read more

Meningkatkan Citra Perusahaan Melalui Peran Public Relations

Meningkatkan Citra Perusahaan

Meningkatkan citra perusahaan adalah hal krusial bagi suatu perusahaan. Pasalnya, citra perusahaan adalah jati diri yang membedakannya dengan perusahaan lain. Untuk itulah, suatu perusahaan haruslah membangun citra yang positif. Dalam membangun citra positif, public relations bisa terlibat. Public relations berperan penting untuk menciptakan komunikasi positif antara perusahaan dan masyarakat. Oleh karena itu, public relations harus … Read more

6 Penyebab Kehabisan Stok Barang di Perusahaan

kehabisan stok barang

Kehabisan stok barang tentunya menjadi permasalahan serius bagi suatu perusahaan. Untuk itulah, perlu adanya stock control. Pengertian stock control adalah bentuk upaya untuk mengendalikan stok atau persediaan barang. Dalam stock control terdapat sistem stok barang yang dapat mengatur persediaan barang di perusahaan.  Sebuah perusahaan memerlukan sistem stok barang untuk mengatur persediaan barang. Selain itu, sistem … Read more

Apa Itu Konsolidasi Pengadaan Barang dan Jasa?

Konsolidasi Pengadaan Barang

Konsolidasi pengadaan barang dan jasa adalah bentuk strategi dalam pengadaan barang dan jasa dengan menggabungkan beberapa paket pengadaan yang sejenis. Konsolidasi tersebut dapat mengoptimalkan aspek-aspek yang berkaitan dengan pengadaan barang/jasa. Hal ini tentu akan memudahkan untuk meraih value for money. Selain itu, kinerja pengadaan juga akan lebih meningkat. Banyak perusahaan dan lembaga pemerintah memilih melakukan … Read more

Mengenal Jenis Vendor dalam Bisnis

mengenal jenis vendor

Mengenal jenis vendor penting bagi suatu perusahaan terutama yang kerap mengadakan kerja sama. Vendor menjadi pihak ketiga yang membantu pemenuhan kebutuhan perusahaan. Namun, meski istilah vendor sudah familiar, banyak yang belum mengetahui vendor itu apa. Vendor adalah pihak-pihak yang menyediakan barang atau jasa untuk suatu instansi atau perusahaan. Meski lebih akrab dalam dunia bisnis, vendor … Read more

Wajib Tahu! Sanksi dalam Pengadaan Barang dan Jasa

sanksi dalam pengadaan

Sanksi dalam pengadaan barang dan jasa menjadi pelindung agar proses pengadaan dapat berjalan dengan baik. Perlu adanya sosialisasi agar lembaga atau perusahaan yang melakukan pengadaan mengetahui sanksi tersebut. Hal ini dapat meminimalisasi kesalahan dalam proses pengadaan. Selain itu, adanya sanksi dalam pengadaan barang dan jasa dapat mengurangi risiko kecurangan. Bentuk kecurangan dalam pengadaan barang dan … Read more

Mengenal Joint Venture dan Seluk-Beluknya

Mengenal Joint Venture

Suatu perusahaan sudah seharusnya mengenal joint venture. Joint venture merupakan salah satu istilah untuk menyebut suatu kerja sama antarperusahaan. Secara definisi, joint venture adalah bentuk kerja sama dalam membangun suatu usaha dengan batasan waktu tertentu dan sesuai kesepakatan atau perjanjian. Namun, jika mengacu pada Undang-Undang Nomor 25 tahun 2007, joint venture adalah bentuk kerja sama … Read more

Kesalahan Umum dalam Pengadaan di Perusahaan

bentuk kecurangan dalam pengadaan barang

Ada beberapa kesalahan umum dalam pengadaan yang sering terjadi. Jika lembaga pemerintahan mungkin akan mendapat teguran dari LPSE PUPR. Hal ini karena pengadaan barang telah ada dalam Permen PUPR 14 tahun 2020 dan Perpres 12 tahun 2021. Jika di perusahaan, kesalahan umum dalam pengadaan dapat berakibat fatal karena dapat merugikan perusahaan. Karena itulah, harus ada … Read more

Bentuk Strategi Branding Era New Normal yang Perlu Dipersiapkan

branding era news norml

Datangnya pandemi Covid-19 membawa perubahan besar bagi kehidupan masyarakat. Saat ini, masyarakat harus menerapkan kehidupan dengan tatanan baru atau new normal. Tidak sekadar berdampak pada kehidupan sehari-hari, kehidupan bisnis pun merasakannya. Oleh karena itu, perusahaan harus menyiapkan branding era new normal agar bisa tetap bertahan. Branding era new normal adalah salah satu strategi penting agar … Read more

Mengapa Harus Belajar Branding? Simak Alasannya Berikut

Belajar Branding 2

Untuk membangun usaha yang sukses, kita perlu belajar branding. Branding berasal dari kata bahasa Inggris yang memiliki arti ‘merek’. Secara lebih rinci, branding adalah bentuk pencitraan terhadap suatu produk atau layanan yang bertujuan supaya konsumen mudah untuk mengingatnya. Dengan begitu, produk atau layanan akan selalu menjadi pilihan pertama. Jika membahas branding, terdapat juga istilah personal … Read more

Alur Pengelolaan Stok Barang di Perusahaan

Alur Pengelolaan Stok Barang

Alur pengelolaan stok barang perlu direncanakan dengan matang sebuah perusahaan. Hal ini sebagai bagian dari manajemen stok barang. Jika perusahaan memiliki alur yang jelas, tentunya pengelolaan barang akan berjalan dengan lebih efektif dan efisien.  Pengelolaan yang efektif dan efisien dapat juga berpengaruh terhadap pengadaan barang. Pasalnya, pengelolaan tersebut menjadikan kebutuhan barang perusahaan lebih jelas. Alhasil, … Read more