Strategi Korporat: Kenali Pengertian, Fungsi, dan Jenisnya

Strategi Korporat

Strategi korporat adalah strategi yang disusun oleh perusahaan untuk menghadapi situasi bisnis. Adanya strategi ini berfungsi untuk menentukan bisnis mana yang hendak dipertahankan, dikembangkan, atau dihentikan. Strategi ini meliputi strategi kompetitif dan strategi fungsional. Artinya, strategi ini dapat mendukung perusahaan untuk bersaing dengan kompetitor sekaligus meningkatkan kebermanfaatan produk atau layanan yang ditawarkan.  Jenis-Jenis Strategi Korporat  … Read more

4 Cara Mudah untuk Menentukan Target Pasar untuk Bisnis

Target Pasar

Target pasar adalah konsumen yang menjadi sasaran pendekatan bisnis yang diharapkan membeli produk yang ditawarkan perusahaan. Perusahaan harus membuatnya serta menyiapkan strategi target pasar yang tepat. Tujuan membuat target pasar adalah mendapatkan arah penjualan yang tepat sehingga omzet perusahaan bisa tercapai. Baca juga: Kenali Strategi Brand Trust, Bangun Kepercayaan Pelanggan Cara Menentukan Target Pasar untuk … Read more

5 Langkah Efektif Kelola Persediaan Barang di Gudang

persediaan barang

Stok barang atau persediaan barang adalah barang yang tersedia di perusahaan untuk memenuhi kegiatan usaha. Biasanya, stok barang dibedakan menjadi bahan baku, bahan setengah jadi, dan barang jadi. Penyimpanan stok barang di perusahaan biasanya di gudang khusus. Meski demikian, terkadang perusahaan kelabakan dalam mengelolanya. Untuk mengatasi masalah tersebut perusahaan bisa menyediakan kartu persediaan barang, laporan … Read more

Kenali Strategi Brand Trust, Bangun Kepercayaan Pelanggan

Brand Trust

Penting bagi seorang yang bergerak di bidang bisnis untuk mengenali apa itu brand trust. Brand trust adalah penilaian kepercayaan pelanggan terhadap suatu brand. Kepercayaan pada brand ini harus dibangun dengan baik oleh perusahaan. Pasalnya, jika gagal meningkatkannya, tidak menutup kemungkinan pelanggan akan beralih ke produk dari brand lain. Dengan kata lain, kepercayaan terhadap pelanggan mempengaruhi … Read more

Optimalkan Consumer Insight, Pahami Konsumen dengan Baik

Customer Insight

Anda perlu mengetahui apa itu customer insight agar dapat memahami konsumen dengan baik. Customer insight adalah proses memahami minat, perilaku, dan pola pikir konsumen ketika memilih produk atau jasa. Dengan melewati proses tersebut, perusahaan akan mendapatkan ulasan dari pelanggan meskipun secara tidak langsung. Di samping itu, adanya proses ini juga akan mempermudah perusahaan dapat mengetahui … Read more

Pahami Perilaku Konsumen untuk Tingkatkan Penjualan

Perilaku Konsumen

Mengenali perilaku konsumen adalah upaya yang efektif untuk menyusun strategi pemasaran produk. Menurut teori perilaku konsumen, seorang pebisnis harus mengetahui cara konsumen dalam mempertimabngkan, memilih, membeli, memanfaatkan, dan mengevaluasi produk. Contoh perilaku konsumen tergambar saat membeli baju. Ia akan mempertimbangkan desain potongan, bahan, warna, dan motif. Baca juga: 5 Langkah Efektif Bertahan dalam Persaingan Bisnis … Read more

Perlu Dipahami, 4 Cara Melakukan Analisis Kompetitor Bisnis

Analisis Kompetitor

Analisis kompetitor perlu dilakukan agar bisnis yang dibangun dapat terus bertahan. Pada dasarnya, analisis kompetitor adalah upaya yang dilakukan perusahaan untuk bertahan dalam persaingan dengan mengenali kelebihan dan kekurangan pesaing. Contoh analisis kompetitor yang bisa dilakukan adalah dengan melihat strategi pemasaran yang dilakukan pesaing. Cara Melakukan Analisis Kompetitor Bisnis Dari hari ke hari, kemungkinan jumlah … Read more

5 Langkah Efektif Bertahan dalam Persaingan Bisnis

Persaingan Bisnis

Persaingan bisnis adalah hal yang tidak mungkin dihindarkan. Hal ini karena bidang yang Anda geluti juga menjadi ladang bisnis bagi orang lain. Agar tetap bisa bertahan, Anda memerlukan perlu menyusun strategi persaingan bisnis. Dengan adanya strategi tersebut, Anda bisa bertahan dalam persaingan, baik yang sehat maupun tidak. Contoh persaingan bisnis yang paling kentara adalah adanya … Read more

7 Strategi Pengembangan Bisnis untuk Kemajuan Usaha

Strategi Pengembangan Bisnis

Sebuah perusahaan perlu memiliki strategi pengembangan bisnis yang tepat. Strategi pengembangan bisnis adalah perencanaan yang bertujuan untuk mengembangkan dan menumbuhkan perusahaan. Salah satu yang harus dipersiapkan dalam strategi bisnis adalah strategi marketing. Pasalnya, strategi marketing menjadi tombak utama dalam meraih penjualan. Strategi Pengembangan Bisnis untuk Memajukan Perusahaan Strategi pengembangan bisnis harus dipersiapkan dengan matang. Jika … Read more

3 Langkah Mudah Atasi Krisis Perusahaan yang Melanda

Krisis Perusahaan

Krisis perusahaan adalah suatu hal yang patut diwaspadai karena dapat menyebabkan kerugian. Untuk itulah, setiap perusahaan perlu memiliki manajemen krisis perusahaan sebagai upaya penangannya. Manajemen krisis adalah sistem yang dipersiapkan untuk menghadapi masalah yang muncul dalam menjalankan aktivitas bisnis. Contoh krisis perusahaan yang belum lama ini menghantui berbagai sektor adalah wabah pandemi Covid-19. Para pelaku … Read more

5 Langkah Inovasi Produk untuk Tingkatkan Penjualan

Inovasi Produk

Inovasi produk adalah upaya untuk mengembangkan suatu produk agar lebih kreatif. Hal tersebut dapat dilakukan dengan mengombinasikan produk atau menghadirkan sesuatu yang baru. Contoh inovasi produk dapat terlihat dari souvenir relasi perusahaan. Souvenir relasi perusahaan dapat ditambahi dengan QR Code sebagai bentuk penyesuaian perkembangan teknologi. Mengapa suatu perusahaan perlu melakukan inovasi produk? Pertanyaan tersebut berkaitan … Read more

Tantangan Bisnis dan Strategi untuk Menghadapinya

Tantangan Bisnis

Tantangan bisnis adalah hal yang perlu ditanggulangi selama menjalani aktivitas bisnis. Dengan kata lain, tantangan tersebut berupa masalah yang dihadapi dalam bisnis. Dalam menghadapinya, tentu tetap memperhatikan etika bisnis. Hal ini bertujuan agar tidak melanggar norma dalam berbisnis yang dapat mendatangkan sanksi. Baca juga: Strategi Social Media Marketing untuk Tingkatkan Promosi Tantangan Bisnis yang Sering … Read more