Referral Marketing: Sudah Tahu Cara Menerapkannya?

Referral Marketing

Referral marketing adalah proses pemasaran yang dilakukan oleh konsumen. Konsumen akan merekomendasikan produk atau layanan dari suatu perusahaan kepada orang lain. Hal ini bisa terjadi karena banyak faktor. Salah satu faktor utamanya adalah adanya kepuasan dari konsumen atas produk atau layanan tertentu. Selain itu, konsumen mau mempromosikan produk atau layanan dari suatu perusahaan karena menginginkan … Read more

Content Marketing: Kenali Cara Membuat dan Jenisnya

Content Marketing

Content marketing adalah strategi pemasaran dengan memanfaatkan konten tertentu yang ditujukan kepada khalayak. Tujuan content marketing adalah untuk menarik perhatian masyarakat agar mau membeli atau menggunakan produk atau jasa yang dikeluarkan perusahaan. Oleh karena itu, penting untuk membuat konten marketing yang menarik. Dikatakan penting karena konten marketing perusahaan dapat memengaruhi tindakan masyarakat terhadap produk atau … Read more

Email Marketing: Ketahui Strateginya agar Pemasaran Sukses

email marketing

Apa itu email marketing? Berbedakah dengan email pada umumnya? Email marketing adalah strategi yang digunakan oleh suatu perusahaan untuk mendukung pemasaran. Strategi marketing ini sudah diciptakan sejak tahun 1978. Jenis email ini dapat menjalin hubungan baik antara perusahaan dan konsumen. Hal ini karena melalui email, perusahaan dapat berpotensi untuk memiliki konsumen baru. Di samping itu, … Read more

Digitalisasi Bisnis: Dampak Positif Kemajuan Teknologi

digitalisasi bisnis

Kemajuan teknologi merambah ke berbagai bidang, termasuk bisnis, hingga pada akhirnya muncul istilah digitalisasi bisnis. Apa itu digitalisasi bisnis? Istilah tersebut mengacu pada integrasi teknologi yang mengubah cara berbisnis. Dampak dari digitalisasi adalah kepraktisan dalam berbagai hal. Dapat dikatakan juga bahwa konsep inti digitalisasi bisnis adalah memanfaatkan media digital. Media digital adalah format konten atau … Read more

Etika Bisnis Syariah, Lakukan Usaha yang Penuh Berkah

etika bisnis syariah

Pengertian etika bisnis syariah merujuk pada norma-norma dalam berbisnis yang sesuai dengan ajaran Islam. Dengan kata lain, landasan etika bisnis syariah adalah Al-Qur’an dan Hadist. Lantas, apa saja etika bisnis Islam yang patut diterapkan oleh suatu perusahaan? Jika ditanyakan terkait etika bisnis Islam, tentu tidak bisa dilepaskan dari prinsip etika bisnis Islam. Adapun prinsip etika … Read more

Bisnis Model Canvas: Kerangka Bisnis dengan 9 Elemen Penting

bisnis model canvas

Apa itu bisnis model canvas? Bisnis model canvas adalah kerangka atau strategi bisnis yang terdiri dari sembilan elemen. Alexander Osterwalder menjadi orang pertama yang mengenalkan strategi yang satu ini. Model bisnis ini memiliki alur sederhana. Setiap elemen menuju elemen lain untuk membentuk alur yang berhubungan. Manfaat bisnis model canvas yang utama adalah untuk menuangkan ide … Read more

Contoh Rundown Acara Seminar untuk Promosi Perusahaan

Rundown Acara Seminar

Rundown acara seminar diperlukan sebagai acuan dalam penyelenggaraan event perusahaan. Acara seminar adalah suatu pertemuan yang membahas masalah tertentu kemudian berupaya untuk menyelesaikanya. Oleh karena itu, dalam acara seminar diundang ahli atau pakar yang berkaitan dengan permasalahan yang sedang dibahas. Rundown acara seminar atau susunan acara seminar dibutuhkan untuk menjaga agar acara berlangsung dengan tepat … Read more

Terapkan 5 Strategi Promosi Berikut untuk Gaet Konsumen

Strategi Promosi

Meskipun penting, masih banyak yang belum memahami apa itu strategi promosi. Oleh karena itu, penting untuk membahas pengertian strategi promosi. Strategi promosi adalah cara yang dilakukan perusahaan untuk menawarkan produk atau jasa kepada konsumen. Dilihat dari pengertiannya, tujuan strategi promosi adalah untuk menggaet konsumen. Makin banyak konsumen yang tertarik kemudian membeli produk, tentu target perusahaan … Read more

5 Cara Ampuh Tangani Komplain Pelanggan dengan Efektif

Komplain Pelanggan

Kasus komplain pelanggan hampir tidak bisa dihindari oleh setiap perusahaan. Komplain adalah keluhan yang muncul karena adanya ketidaksesuaian. Dengan demikian, komplain pelanggan adalah keluhan dari konsumen karena merasa tidak puas dengan pelayanan atau produk dari suatu perusahaan. Contoh komplain pelanggan yang sering terjadi berkaitan dengan produk. Bentuk komplain dapat berupa konsumen mendapatkan produk dengan kualitas … Read more

5 Langkah Sukseskan Strategi Branding Produk agar Makin Dikenal Luas

branding produk

Branding produk menjadi istilah yang lazim didengar, terutama di kalangan pebisnis. Namun, sejatinya apa itu branding produk? Branding produk adalah istilah yang mengacu pada identitas sebuah produk. Contoh branding produk yang populer adalah Nike yang merupakan merek berbagai perlengkapan olahraga. Selain menjadi identitas, branding dilakukan untuk memperkuat karakteristik barang yang dijual. Hal tersebut akan berdampak … Read more

Keluhan Konsumen: Ketahui Faktor dan Cara Menanganinya

Keluhan Konsumen

Keluhan konsumen tidak bisa dihindarkan dari sebuah perusahaan. Suara konsumen tersebut menjadi dasar adanya ketidakberesan dari suatu perusahaan. Namun, di sisi lain, hal tersebut menjadi media konsumen untuk memberikan penilaian terhadap perusahaan. Dari situlah dapat dikatakan bahwa keluhan konsumen adalah bentuk kepedulian pelanggan terhadap yang terjadi pada perusahaan. Oleh karena itu, sudah selayaknya perusahaan memfasilitasi … Read more

Mengapa Melakukan Branding? Ketahui Alasan Pentingnya Branding

mengapa melakukan branding

Mengapa melakukan branding mungkin menjadi salah satu pertanyaan yang kerap menghantui sebuah perusahaan. Branding adalah hal yang penting bagi suatu suatu perusahaan. Hal ini karena branding perusahaan adalah sebuah upaya yang dilakukan untuk mempromosikan atau membentuk citra diri perusahaan. Dengan kata lain, branding dapat membantu menaikkan pendapatan perusahaan. Karena memberikan pengaruh besar, suatu perusahaan haruslah … Read more