4 Indikator Inovasi Produk: Hadirkan Produk Tidak Pasaran

4 indikator inovasi produk: hadirkan produk tidak pasaran

Indikator inovasi produk harus dipenuhi untuk menghasilkan barang yang lebih inovatif. Namun, sebelum lebih lanjut membahas indikator inovasi produk, alangkah baiknya untuk mengulas seluk-beluk inovasi produk. Inovasi produk adalah pengembangan yang dilakukan untuk menghasilkan produk yang berbeda dari yang sudah ada. Inovasi produk dapat dilakukan dengan melewati proses penelitian hingga pengujian terhadap produk lama. Karena … Read more

After Sales Service: Cara Menjaga Loyalitas Pelanggan

After sales service: cara menjaga loyalitas pelanggan

After sales service adalah hal penting yang harus dilakukan oleh perusahaan. Namun, sudah tahukah Anda apa itu after sales service. Pelayanan setelah penjualan adalah kegiatan yang dilakukan oleh perusahaan setelah terjadi transaksi pembeli untuk memastikan bahwa pelanggan merasa puas dengan produk yang dibelinya. Contoh after sales service adalah memberikan hadiah khusus pada pelanggan. Misalnya saja, … Read more

Action Plan: Rencanakan Tugas Bisnis untuk Capai Tujuan

Action plan: rencanakan tugas bisnis untuk capai tujuan

Action plan adalah dokumen yang berisikan perencanaan tugas-tugas yang akan dikerjakan dalam kurun waktu tertentu. Perusahaan sebaiknya membuatnya karena dapat menjadi kunci untuk meraih kesuksesan. Tidak sekadar berkaitan dengan kegiatan operasional perusahaan, bahkan terdapat juga action plan marketing yang membantu perencanaan pemasaran produk. Terkadang, sebuah perusahaan terlalu membuang-buang waktu dalam mencapai tujuan bisnis. Hal ini … Read more

Soft Selling: Tingkatkan Loyalitas Pelanggan Anda!

Soft selling tingkatkan loyalitas pelanggan anda!

Soft selling adalah iklan penjualan yang dibuat dengan bahasa halus yang tidak agresif. Dengan kata lain, teknik penjualan ini tidak membujuk pelanggan secara terang-terangan, seperti halnya teknik hard selling. Karena itulah, teknik ini tidak langsung mendatangkan pembeli, tetapi memberikan dorongan masyarakat untuk membeli produk. Perbedaan soft selling dan hard selling dapat juga dilihat dari jangka … Read more

Sistem HRIS: Pahami Lebih Dalam Fitur dan Manfaatnya

Sistem hris: pahami lebih dalam fitur dan manfaatnya

Apa itu sistem HRIS? HRIS merupakan singkatan dari Human Resource Information System. Oleh karena itu, sistem HRIS adalah sistem yang dimanfaatkan oleh perusahaan untuk mengelola sumber daya manusia. Pengelolaan tersebut berkaitan dengan data karyawan, penggajian, rekrutmen karyawan baru, hingga pelatihan dan pengembangan skill karyawan. Perusahaan tentu menginginkan sistem HRIS terbaik untuk diterapkan. Sistem yang baik … Read more

5 Tips Membuat Digital Marketing Plan untuk Bisnis

Digital marketing plan

Digital marketing plan adalah bagian penting dari strategi pemasaran digital. Anda bisa memanfaatkan digital marketing plan template untuk membuatnya. Anda bahkan bisa memilih untuk menggunakan digital marketing plan template excel agar lebih mudah. Adanya perencanaan pemasaran membuat strategi yang hendak diterapkan lebih terarah. Selain itu, setiap langkah pemasaran menjadi lebih runtut. Dengan begitu, tujuan pemasaran … Read more

Experiential Marketing: Ciptakan Pengalaman Pelanggan

Experiential marketing: ciptakan pengalaman pelanggan

Strategi experiential marketing menjadi salah satu strategi untuk memasarkan produk. Lantas, apa itu experiential marketing? Experiential marketing adalah strategi pemasaran yang berupaya menciptakan pengalaman positif kepada pelanggan. Jika pemasaran memanfaatkan platform digital, seperti media sosial, pengalaman tersebut dapat berupa komentar yang disampaikan pelanggan dalam unggahan konten marketing. Bahkan, jumlah views dan like terhadap unggahan konten … Read more

5 Indikator Loyalitas Pelanggan yang Bisa Jadi Tolok Ukur

Indikator loyalitas pelanggan

Indikator loyalitas pelanggan perlu diketahui oleh seorang pebisnis. Pasalnya, melalui indikator tersebut, perusahaan dapat mempertahankan konsumennya agar tetap setiap membeli produk perusahaan. Sebelum membahas lebih lanjut, alangkah baiknya Anda memahami apa itu loyalitas pelanggan terlebih dahulu.  Loyalitas pelanggan adalah bentuk kepercayaan konsumen terhadap suatu brand sehingga membuatnya melakukan transaksi pembelian produk secara berulang. Ada banyak … Read more

7 Strategi Bisnis Digital untuk Dapatkan Profit Optimal

Strategi bisnis digital

Anda sudah mengetahui apa itu strategi bisnis digital? Strategi bisnis digital adalah perencanaan bisnis dengan memanfaatkan teknologi digital. Hal ini perlu diterapkan mengingat teknologi digital makin berkembang dari hari ke hari.  Strategi Bisnis Digital untuk Bisnis Anda Penerapan strategi bisnis digital dapat mendukung bisnis Anda untuk mendapatkan profit yang optimal. Berikut ini adalah contoh strategi … Read more

Manajemen SDM: Upaya Mengatur SDM Perusahaan

Manajemen sdm

Manajemen SDM adalah upaya yang dilakukan oleh perusahaan terhadap sumber daya manusia yang mendukung kegiatan perusahaan. Tujuan utama diterapkannya manajemen ini supaya tercipta budaya positif sehingga perusahaan dapat terus tumbuh dan berkembang. Hal ini karena sumber daya manusialah yang menjadi faktor utama dalam mencapai tujuan perusahaan. Perusahaan harus menyadari pentingnya manajemen SDM. Manajemen ini memiliki … Read more

Keseimbangan Pasar Ketahui Proses Pembentukannya

Keseimbangan pasar ketahui proses pembentukannya

Keseimbangan pasar adalah kondisi saat jumlah produk yang diminta setara dengan yang ditawarkan. Keseimbangan pasar akan terjadi apabila terjadi keseimbangan harga. Artinya, harga yang ditawarkan oleh produsen sesuai dengan harga yang diinginkan oleh konsumen. Sebaliknya, harga suatu produk akan melonjak ketika jumlah produk lebih sedikit dari permintaan. Contoh keseimbangan pasar dapat kita lihat pada kasus … Read more

Pentingnya Product Knowledge untuk Tingkatkan Penjualan

Pentingnya product knowledge untuk tingkatkan penjualan

Product knowledge adalah pengetahuan yang dimiliki tim pemasaran terhadap produk yang ditawarkan. Tim marketing memang sudah seharusnya memiliki pengetahuan yang mendalam akan produk yang ditawarkan supaya bisa menjelaskan kelebihan dan keunikannya. Meski demikian, pengetahuan tentang kekurangan produk juga menjadi bagian di dalamnya. Dari penjelasan tersebut setidaknya ada beberapa jenis pengetahuan produk, yaitu manfaat produk, karakteristik … Read more