Manajemen Krisis Perusahaan: Kenali Tahapan-tahapannya

Manajemen Krisis Perusahaan

Secara umum, manajemen krisis perusahaan adalah bentuk strategi dari suatu perusahaan untuk menghadapi setiap masalah yang muncul. Sementara itu, manajemen krisis menurut para ahli memiliki pengertian berbeda-beda. Misalnya saja, menurut Yosal Iriantara dalam bukunya yang berjudul Manajemen Strategis Public Relations, manajemen krisis adalah bentuk respons terhadap perubahan yang terjadi di lingkungan perusahaan. Yosal Iriantara menambahkan … Read more

Kiat Menangani Keluhan Pelanggan untuk Membangun Kepercayaan

Kiat Menangani Keluhan Pelanggan

Kiat menangani keluhan pelanggan dibutuhkan oleh perusahaan agar bisa memberikan pelayanan yang. Keluhan pelanggan adalah bentuk kepedulian pelanggan terhadap kemajuan perusahaan. Hal ini karena perusahaan dapat melakukan perbaikan dengan berkaca pada kasus keluhan dari pelanggan. Dalam menangani kasus komplain pelanggan, perusahaan harus memperhatikan Standard Operating Procedure atau SOP. SOP penanganan keluhan pelanggan antara satu perusahaan … Read more

Cara Menyelesaikan Masalah Kehumasan dengan Efektif

Menyelesaikan Masalah Kehumasan

Menyelesaikan masalah kehumasan adalah hal yang krusial bagi suatu organisasi, baik profit maupun nonprofit. Hal ini karena permasalahan kehumasan dapat berpengaruh terhadap aktivitas suatu organisasi. Jika dalam suatu perusahaan, bisa jadi masalah humas dapat mengganggu jalannya proses produksi. Jika membahas masalah humas atau hubungan masyarakat, tentunya ada kaitannya dengan peran humas. Selain itu, masalah tersebut … Read more

Tips Memilih Vendor yang Baik dalam Pengadaan Barang

Memilih Vendor

Memilih vendor menjadi salah satu tahapan penting dalam proses pengadaan barang. Hal iki karena vendor menjadi salah satu faktor yang berpengaruh besar terhadap proses pengadaan barang tersebut. Lantas apa itu vendor? Kemudian, kerja vendor itu apa saja? Vendor secara umum dapat berarti sebagai penjual atau pemasok. Akan tetapi, dalam sebuah bisnis terdapat juga arti vendor … Read more

Tips Pembuatan Laporan Stok Barang untuk Perusahaan

Laporan Stok Barang

Laporan stok barang adalah laporan yang sengaja disusun untuk mengetahui jumlah persediaan barang dalam suatu instansi. Membuat laporan stok barang membutuhkan ketelitian yang tinggi supaya tidak terjadi kesalahan. Selain itu, dengan ketelitian yang tinggi data juga akan lebih akurat sehingga proses keluar masuk barang akan lebih efisien. Tujuan laporan stok barang tidak sekadar sebagai bentuk … Read more

Evaluasi Vendor: Cari Tahu Cara dan Tujuannya

evaluasi vendor

Evaluasi vendor adalah salah satu tahapan penting dalam proses pengadaan barang dan jasa. Vendor atau penyedia memang tidak bisa lepas dari aktivitas suatu perusahaan. Hal ini karena beberapa barang atau produk dari perusahaan berasal dari vendor. Vendor pun mendapatkan keuntungan dari kebutuhan perusahaan tersebut. Penilaian atau evaluasi terhadap pihak penyedia dilakukan dengan tujuan tertentu. Adapun … Read more

Tips Memperkuat Brand Awareness Perusahaan

Memperkuat Brand Awareness 2

Memperkuat brand awareness menjadi kewajiban bagi suatu perusahaan. Lantas apa sebenarnya brand awareness? Brand awareness adalah kesadaran konsumen dalam mengenali dan mengingat suatu merek, baik berbentuk produk atau jasa. Salah satu contoh brand awareness dapat kita lihat pada brand Apple. Logo sederhana berbentuk apel dan tagline berbunyi think different begitu lekat di benak masyarakat. Tidak … Read more

Cara Membangun Citra Perusahaan untuk Mencapai Kemajuan

Membangun Citra Perusahaan

Membangun citra perusahaan adalah sebuah langkah yang sangat penting. Sebuah perusahaan harus menunjukkan citra perusahaan yang positif kepada masyarakat. Tujuannya adalah untuk mendapatkan simpati masyarakat sehingga perusahaan memperoleh kepercayaan. Hal ini tentu akan berdampak baik pada perusahaan. Sebelum membahas lebih lanjut terkait cara membangun citra, alangkah baiknya kita mengidentifikasi apa itu citra perusahaan. Citra perusahaan … Read more

Membangun Branding Perusahaan Melalui Media Sosial

Membangun Branding Perusahaan

Membangun branding perusahaan bukanlah hal yang mudah. Terlebih, bagi perusahaan yang belum mengenal branding. Asal kata branding adalah brand yang memiliki makna merek. Secara jelas, branding adalah bentuk pencitraan perusahaan yang bertujuan sebagai daya tarik sehingga konsumen mudah untuk mengingatnya. Dengan kata lain, branding adalah bentuk komunikasi perusahaan dengan konsumen. Sebelum melangkah lebih lanjut terkait … Read more

Tips Menjaga Hubungan dengan Pelanggan

Hubungan Dengan Pelanggan

Hubungan dengan pelanggan adalah hal yang perlu dijaga oleh suatu perusahaan. Jika hubungan perusahaan dengan pelanggan dapat berjalan dengan baik, kemungkinan aktivitas di suatu perusahaan dapat berjalan baik pula. Karena itulah, sudah seharusnya hubungan baik dengan pelanggan harus mulai dibangun. Setelah hubungan baik terbangun, perusahaan juga harus menjaga hubungan baik tersebut. Cara membina hubungan dengan … Read more

Kenali Kendala Kerja Sama Perusahaan dan Cara Mengatasinya

Kendala Kerja Sama Perusahaan

Kendala kerja sama perusahaan adalah hal yang patut kita waspadai. Pasalnya, kendala tersebut dapat menghambat bahkan merusak proses kerja sama antarperusahaan. Jika sampai kerja sama antarperusahaan rusak, reputasi perusahaan juga bisa rusak. Hal ini tentu dapat berdampak terhadap aktivitas produksi dan omzet perusahaan. Kendala dalam kerja sama bisa terjadi karena beberapa faktor, baik internal maupun … Read more

Cara Mengelola Stok Barang Perusahaan di Gudang

Stok Barang

Stok barang adalah barang persediaan yang tersimpan di perusahaan yang akan perusahaan gunakan pada periode yang akan datang. Persediaan tersebut dapat berupa barang mentah, setengah jadi, atau barang jadi. Karena biasanya persediaan tersebut ada banyak, sebuah perusahaan perlu mengelola persediaan barang yang ada. Pengelolaan tersebut membutuhkan manajemen yang bagus. Pengelolaan persediaan di gudang memiliki beberapa … Read more