7 Promosi Bisnis yang Sesuai dengan Perkembangan Zaman

Promosi bisnis

Kemajuan teknologi dan perkembangan zaman membawa pengaruh terhadap semua lini kehidupan termasuk promosi bisnis. Promosi bisnis adalah upaya yang dilakukan perusahaan untuk mengenalkan dan memasarkan produk atau jasa kepada masyarakat luas. Karena kemajuan teknologi, banyak perusahaan yang mulai menganalisis strategi promosi yang paling efektif. Apa saja strategi promosi yang paling tepat digunakan pada zaman sekarang? … Read more

5 Faktor Kegagalan Usaha dan Cara untuk Mengatasinya

Faktor kegagalan usaha

Faktor kegagalan usaha adalah hal yang menyebabkan terjadinya kegagalan dalam menjalankan suatu usaha. Hal tersebut perlu diperhatikan oleh perusahaan sejak dini sebagai bentuk antisipasi. Dengan begitu, perusahaan dapat bersiap untuk menghadirkan solusi yang tepat agar kondisi perusahaan tidak terlalu parah. Contoh kegagalan perusahaan terlihat pada brand Blackberry yang kalah bersaing di pasaran. Awalnya, produk gawai … Read more

Tahukah Anda? Ada 7 Manfaat Magang bagi Perusahaan

Manfaat magang bagi perusahaan

Manfaat magang bagi perusahaan memang nyata adanya. Beberapa perusahaan memang menjadi rujukan tempat magang. Magang adalah salah satu kegiatan mahasiswa tingkat akhir pada jurusan tertentu. Manfaat magang bagi mahasiswa tingkat akhir adalah mengenali dunia kerja yang sesungguhnya. Tujuan magang di perusahaan adalah untuk menerapkan ilmu yang telah didapatkan di bangku kuliah. Selain itu, magang di … Read more

7 Manfaat Media Sosial untuk Bisnis, Tingkatkan Reputasi

Media sosial untuk bisnis

Pada era digital seperti sekarang, banyak yang memanfaatkan media sosial untuk bisnis. Terlebih, sebagian besar masyarakat dunia telah memiliki akun media sosial. Hal ini memudahkan pebisnis untuk menjangkau calon konsumen dari seluruh dunia. Selain itu, penyebaran informasi terkait bisnis yang dilakoni juga lebih mudah dan efektif. Manfaat media sosial untuk membangun usaha memanglah besar. Media … Read more

6 Alasan Pentingnya untuk Melakukan Inovasi Bisnis

Inovasi bisnis

Inovasi bisnis adalah proses penerapan ide baru yang kreatif untuk meningkatkan kualitas produk dan layanan. Contoh inovasi bisnis di era digital adalah membuat toko online. Hal ini bertujuan untuk menjangkau pangsa pasar yang lebih luas. Ide inovasi bisnis tidak sekadar pada proses penjualan. Akan tetapi, inovasi dapat merujuk pada hal lain, seperti proses pembayaran. Jika … Read more

5 Upaya Optimalkan Kepuasan Pelanggan demi Kemajuan Bisnis

Kepuasan pelanggan

Bagi sebuah perusahaan, kepuasan pelanggan adalah hal yang penting. Hal ini karena kepuasan konsumen dapat meningkatkan keuntungan perusahaan, baik secara langsung maupun tidak langsung. Kepuasan tersebut dipengaruhi oleh beberapa faktor. Adapun faktor yang mempengaruhi kepuasan pelanggan adalah sebagai berikut. Pelayanan: Pelayanan menjadi pilar utama untuk membangun hubungan baik antara perusahaan dan konsumen. Kepuasan pelanggan atas … Read more

Budaya Perusahaan: Nilai-Nilai Pembangun Karakteristik

Budaya perusahaan

Apa itu budaya perusahaan? Budaya perusahaan adalah nilai-nilai dan norma-norma yang diterapkan oleh perusahaan untuk ditaati oleh segenap karyawannya. Contoh budaya perusahaan yang bisa ditemukan adalah adanya larangan merokok di tempat kerja pada saat jam kerja. Budaya korporasi begitu krusial untuk dipahami dengan baik, terutama untuk segenap sumber daya yang terlibat. Lantas, apa pentingnya budaya … Read more

Kenali Tugas Public Relation: Juru Komunikasi Perusahaan

Tugas public relation

Tugas public relation berpengaruh terhadap perkembangan dan kemajuan perusahaan. Memang, apa saja tugasnya? Sebelum membahas tugasnya, ada baiknya kita ketahui terlebih dahulu apa itu public relation? Hal tersebut akan berpengaruh terhadap pemahaman. Public relation atau humas merupakan interaksi antara perusahaan dan pihak lain. Dengan demikian, tugas utama public relation adalah menjalin komunikasi dengan pihak lain. … Read more

Surat Penawaran Bisnis: Pahami dan Perhatikan Contohnya

Surat penawaran bisnis

Jika berbicara tentang perusahaan, tidak bisa dilepaskan dari surat penawaran bisnis. Lalu, apa pengertian surat penawaran bisnis? Surat penawaran adalah surat resmi yang dibuat dengan tujuan untuk menawarkan produk kepada pelaku usaha lain. Dengan kata lain, surat penawarannya bertujuan untuk menjalin kerja sama. Di samping itu, surat penawaran juga dapat disampaikan ke suatu instansi sebagai … Read more

5 Strategi Pemasaran yang Dapat Diterapkan di Masa Sulit

Strategi pemasaran

Untuk menunjang penjualan perusahaan tentunya membutuhkan strategi pemasaran. Strategi pemasaran adalah bentuk perencanaan untuk mengenalkan brand perusahaan secara luas. Tujuan strategi pemasaran adalah mencapai target yang telah ditentukan oleh perusahaan. Ada berbagai jenis strategi pemasaran produk. Namun, yang perlu diwaspadai oleh perusahaan adalah masa sulit. Strategi penjualan yang diterapkan tentu harus berbeda agar tidak membuat … Read more

5 Cara Ampuh Tangani Komplain Pelanggan dengan Efektif

Komplain pelanggan

Kasus komplain pelanggan hampir tidak bisa dihindari oleh setiap perusahaan. Komplain adalah keluhan yang muncul karena adanya ketidaksesuaian. Dengan demikian, komplain pelanggan adalah keluhan dari konsumen karena merasa tidak puas dengan pelayanan atau produk dari suatu perusahaan. Contoh komplain pelanggan yang sering terjadi berkaitan dengan produk. Bentuk komplain dapat berupa konsumen mendapatkan produk dengan kualitas … Read more

5 Pilihan Event Marketing yang Patut Dicoba Perusahaan!

Event marketing

Event marketing adalah salah satu bentuk strategi pemasaran dalam dunia bisnis. Manfaat event marketing yang dapat dirasakan adalah meningkatnya brand awareness. Artinya, adanya event tersebut akan membangun rasa percaya konsumen terhadap produk perusahaan. Event yang demikian juga dapat memperluas jaringan bisnis. Selain itu, fungsi event marketing adalah untuk menarik simpati konsumen agar penjualan makin meningkat. … Read more