Customer Experience: Kenali 4 Langkah Penilaiannya

Customer Experience

Customer experience adalah persepsi pelanggan yang berupa pengalaman tentang suatu merek. Pengalaman ini muncul saat pelanggan berinteraksi dengan merek atau brand tertentu hingga pasca transaksi terjadi. Dengan kata lain, pelanggan memberikan penilaian selama terjadinya interaksi. Customer experience atau pengalaman pelanggan memiliki tujuan utama untuk mempertahankan pelanggan. Sementara itu, tujuan lainnya bergantung pada sudut pandang yang … Read more

Mengenal Apa Itu Telemarketing: Manfaat dan Strateginya

Apa Itu Telemarketing

Perusahaan perlu mengenali apa itu telemarketing karena dapat mendukung strategi untuk meningkatkan penjualan. Telemarketing dikatakan sebagai strategi yang mumpuni dalam pemasaran produk. Bahkan, di era digital seperti sekarang, telemarketing tetap menjadi bagian penting dalam pemasaran perusahaan. Baca juga: 7 Tips Manjur untuk Meningkatkan Loyalitas Pelanggan! Lantas, Apa Itu Telemarketing? Apa itu telemarketing? Telemarketing adalah strategi … Read more

Apa Itu Customer Value? Cari Tahu Cara Mengembangkannya

customer value

Memahami customer value penting untuk dilakukan oleh setiap pelaku bisnis. Customer value adalah semua manfaat yang akan dirasakan oleh pelanggan, baik yang terlihat maupun tidak. Perusahaan bisa mengetahuinya supaya dapat merumuskan produk yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan. Untuk mengetahuinya, perusahaan bisa melakukan pengukuran dan analisis customer value. Pengukuran dapat dilakukan dengan menggunakan rumus yang  berupa … Read more

Studi Kelayakan Bisnis: Cari Tahu Aspek dan Tahapannya

Studi Kelayakan Bisnis

Studi kelayakan bisnis adalah upaya yang dilakukan untuk mengukur kelayakan suatu bisnis. Tujuan studi kelayakan bisnis adalah menilai peluang proyek bisnis apakah layak dilanjutkan atau tidak. Ada beberapa aspek dalam studi kelayakan bisnis yang dapat dijadikan untuk pendekatan. Berikut ini adalah aspek kelayakan bisnis yang sering digunakan. Manajemen: Aspek manajemen memiliki cakupan yang luas. Pasalnya, … Read more

Kolaborasi Bisnis: Penting untuk Mengembangkan Perusahaan

kolaborasi bisnis

Kolaborasi bisnis adalah partisipasi atau kerja sama perusahaan dan relasi untuk mencapai hasil tertentu. Dengan kata lain, manfaat kolaborasi tersebut akan dirasakan oleh kedua belah pihak. Contoh kolaborasi bisnis yang pernah terjadi adalah antara Google dan Lenovo. Sebelum membahas lebih lanjut, tentu perlu diketahui tentang pentingnya kolaborasi bisnis. Pertama, perusahaan dapat memperluas jaringan. Kemudian, keuntungan … Read more

Pengembangan SDM dengan Pelatihan untuk Memajukan Bisnis

pengembangan sdm

Pengembangan SDM adalah upaya yang dilakukan untuk membentuk personal yang berkualitas. Metode pengembangan SDM dapat dilakukan dengan memberikan pelatihan. Manfaat pengembangan SDM yang dapat dirasakan adalah sebagai berikut. Meningkatkan produktivitas kerja – SDM yang telah mengikuti pelatihan tentu memiliki keterampilan yang lebih baik. Hal ini akan berdampak pada produktivitas kerja. Produk yang dihasilkan akan lebih … Read more

5 Tujuan Pembuatan SOP Perusahaan yang Harus Diketahui!

SOP Perusahaan

Standar Operating Procedure atau SOP perusahaan menjadi pengikat karyawan agar bekerja secara profesional. Hal ini karena SOP perusahaan adalah pedoman yang digunakan untuk menjalankan bisnis. SOP berisi instruksi yang berupa langkah-langkah untuk melakukan suatu pekerjaan. Selain sebagai pedoman, SOP menjadi sarana komunikasi untuk menunjang produktivitas. SOP bukan sekadar menjadi kelengkapan berkas yang harus dimiliki ketika … Read more

Identifikasi Masalah Bisnis yang Mengintai Usaha Anda!

Masalah Bisnis

Dalam menjalan usaha, mau tidak mau Anda pasti akan berhadapan dengan masalah bisnis. Tidak selalu mendatangkan dampak buruk, masalah bisnis adalah batu loncatan untuk mencapai kemajuan perusahaan. Meski demikian, masalah tersebut tetap harus diselesaikan. Langkah pertama dalam penyelesaiannya adalah melakukan identifikasi. Baca juga: Jenis Jenis Pemasaran sebagai Penunjang Aktivitas Perusahaan Identifikasi Masalah Bisnis sebagai Langkah Awal … Read more

7 Strategi Pemasaran Online yang Wajib untuk Dicoba!

Strategi Pemasaran Online

Di era serba teknologi seperti sekarang, rasanya mencoba strategi pemasaran online tidak ada salahnya. Pemasaran online adalah promosi yang dilakukan dengan memanfaatkan media digital dengan berbasis internet. Tujuan dari pemasaran online adalah meningkatkan pendapatan serta menjalin hubungan dengan konsumen. Kekurangan pemasaran online yang perlu diperhatikan adalah kurang maksimal dalam memanfaatkan media. Hal ini karena pengguna … Read more

Apa Itu Customer Engagement? Cari Tahu Cara Membangunnya

Customer Engagement

Jika Anda bertanya-tanya apa itu customer engagement atau keterikatan pelanggan, kami akan menjawabnya. Customer engagement adalah hubungan atau interaksi yang terjalin antara produsen dan konsumen. Hal ini penting untuk diperhatikan perusahaan karena berpengaruh terhadap loyalitas customer. Jika memiliki hubungan yang baik, secara tidak langsung perusahaan akan mengikat konsumen untuk tetap menggunakan produk atau jasa perusahaan. … Read more

Apa Itu Rebranding? Ketahui Urgensinya bagi Perusahaan

apa itu rebranding

Memahami apa itu rebranding penting untuk dilakukan oleh sebuah perusahaan. Pasalnya, dengan adanya perubahan tren, perusahaan harus melakukannya. Hal ini dilakukan agar brand perusahaan mampu bertahan. Di sisi lain, rebranding dapat membawa angin segar bagi perusahaan yang telah mulai redup performanya. Lantas, apa itu rebranding? Apa juga urgensinya bagi suatu perusahaan? Mengenal Apa Itu Rebranding … Read more

Mengenal Risiko Bisnis, Jenis-Jenis, dan Upaya Menanganinya

Risiko Bisnis

Risiko bisnis adalah munculnya ketidakpastian pada masa yang akan datang yang dapat mengancam keberlangsungan suatu perusahaan. Pengertian risiko bisnis yang lain adalah konsekuensi dari ketidakpastian yang memunculkan dampak merugikan bagi perusahaan. Dengan demikian, perusahaan perlu memperhatikan risiko yang mengancam usahanya. Contoh risiko bisnis yang bisa mengancam berbagai jenis perusahaan adalah kehilangan kepercayaan pelanggan. Kepercayaan pelanggan … Read more