Loyalitas Konsumen: 4 Jenis Kesetiaan terhadap Perusahaan

loyalitas konsumen

Loyalitas konsumen adalah keinginan atau hasrat dari konsumen untuk menggunakan suatu produk secara berulang kali. Hal ini dapat terjadi karena konsumen mendapatkan pengalaman yang baik saat menggunakan produk tersebut. Dengan kata lain, kunci dari pelanggan loyal atau setia adalah pelanggan merasa puas dengan produk yang ditawarkan perusahaan. Indikator loyalitas konsumen tidak sekadar ditunjukkan dengan ingin … Read more

Analisis SWOT: 4 Faktor Utama yang Memengaruhi Bisnis

Analisis SWOT

Jika Anda bertanya apa itu analisis SWOT, kami akan menjelaskannya secara lebih rinci. SWOT singkatan dari Strength, Weakness, Opportunities, dan Threats. Secara garis besar, analisis SWOT adalah metode yang digunakan untuk mengetahui kekuatan dan kekurangan sebuah bisnis. Hal ini terlihat dari fungsinya. Fungsi analisis SWOT adalah menganalisis data perusahaan untuk mengidentifikasi aspek-aspek penting yang berkaitan … Read more

5 Tahapan Customer Journey yang Perlu untuk Diketahui

Customer Journey

Bagi Anda pelaku bisnis mungkin sudah tidak asing dengan apa itu customer journey? Customer journey adalah jalur yang dilalui oleh pelanggan untuk berinteraksi dengan suatu produk. Dengan kata lain, istilah tersebut mengacu pada upaya perusahaan yang dilakukan untuk memahami pelanggan. 5 Tahapan Customer Journey Karena berupa jalur, tentu ada tahapan customer journey yang harus dilalui. … Read more

Keuntungan Customer Retention untuk Sebuah Bisnis

Customer Retention

Strategi customer retention dibutuhkan oleh perusahaan untuk menjaga loyalitas pelanggan. Lantas, apa itu customer retention atau retensi pelanggan? Customer retention adalah upaya yang dilakukan perusahaan agar pelanggan tetap setia dan tidak berpindah ke kompetitor. Hal tersebut juga menjadi bukti bahwa produk atau layanan dari perusahaan memiliki kualitas unggulan. Membuat pelanggan loyal tidak sekadar membuat pelanggan … Read more

Strategi Social Media Marketing untuk Tingkatkan Promosi

Social Media Marketing

Apa itu social media marketing (SMM) atau pemasaran media sosial? Social media marketing adalah pemasaran digital yang memanfaatkan platform media sosial dengan tujuan mempromosikan produk atau layanan. Media sosial yang dapat dimanfaatkan untuk strategi marketing, antara lain, adalah Facebook, Twitter, Linkedin, Instagram, TikTok, dan Youtube. Strategi pemasaran ini dinilai efektif karena hampir sebagian masyarakat memiliki … Read more

5 Formula Copywriting agar Banjir Klik Pengunjung

Formula Copywriting

Untuk mendapatkan engagement tinggi pada konten marketing, Anda harus mendapatkan formula copywriting yang tepat. Formula copywriting adalah konsep yang menjadi dasar dalam pembuatan konten marketing lebih menarik. Copywriting memang harus dibuat menarik agar konten banyak yang melihat kemudian diklik sesuai dengan tujuan call to action. Untuk itu, konten copywriting harus dibuat dengan ringkas dan mudah … Read more

Urgent! 5 Manfaat Simulasi Bisnis bagi Pelaku Usaha

simulasi bisnis

Sebelum memutuskan untuk membangun suatu usaha, ada baiknya Anda melakukan simulasi bisnis. Sudah tahukah Anda pengertian simulasi bisnis? Simulasi bisnis atau business simulation adalah metode pelatihan bisnis yang bertujuan untuk mengenali situasi bisnis secara lebih nyata. Dengan kata lain, pelatihan ini bermanfaat untuk mengembangkan skill atau keterampilan terkait bisnis. Peserta business simulation tidak sekadar berfokus … Read more

3 Pilar The Golden Circle yang Bisa Diterapkan dalam Bisnis

The Golden Circle 2

Perusahaan membutuhkan the golden circle dalam menyusun strategi agar mampu bersaing dengan kompetitor. Golden circle akan membantu perusahaan dalam mengidentifikasikan tujuan kemudian mengomunikasikannya kepada konsumen. Secara mendasar, golden circle adalah cara yang digunakan untuk mencari tujuan, baik pribadi maupun instansi. Pilar The Golden Circle yang Harus Dipahami Sesuai dengan namanya the golden circle diilustrasikan dengan … Read more

Penting! Etika Bisnis yang Patut Diketahui oleh Perusahaan

Etika bisnis 2

Etika bisnis adalah aturan yang berkaitan dengan cara mengelola suatu usaha, baik yang dibuat secara tertulis maupun tidak. Dengan kata lain, tujuan etika bisnis adalah mengontrol jalannya suatu bisnis agar tetap berada pada koridornya. Sebelum membahas lebih lanjut, ada beberapa teori terkait etika dalam menjalankan suatu usaha. Adapun teori tersebut adalah sebagai berikut. Teori keutamaan: … Read more

4 Jenis Manajemen Bisnis yang Sepantasnya Diketahui

manajemen bisnis

Manajemen bisnis patut untuk dipahami sekaligus diterapkan oleh para pelaku bisnis. Dengan begitu, pengelolaan bisnis akan lebih terkontrol. Hal ini akan berdampak pada tercapainya tujuan dengan tepat waktu. Manajemen bisnis adalah proses perencanaan dan pengorganisasian sumber daya demi tercapainya tujuan perusahaan. Sumber daya yang dimaksud meliputi segala hal yang dibutuhkan dalam proses produksi perusahaan, termasuk … Read more

KPI Perusahaan: Ukur Kesuksesan Perusahaan dengan Efektif

KPI Perusahaan 2

Fungsi KPI perusahaan yang paling utama adalah mengukur efektivitas bisnis. Lantas apa itu KPI Perusahaan? KPI perusahaan adalah alat ukur yang menggambarkan efektivitas perusahaan dalam mencapai tujuan bisnis. Pengukuran terhadap KPI dapat dilakukan pada periode harian, mingguan, atau bulanan. Tidak sekadar menguntungkan instansi, KPI pun berperan penting pada kinerja karyawan yang makin terarah dan teratur. … Read more

Landing Page: Ketahui Pengertian dan Jenis-Jenisnya

Landing Page

Apa itu landing page atau halaman arahan? Istilah tersebut tentu tidak begitu asing bagi perusahaan. Landing page adalah bentuk pemasaran digital yang berupa iklan atau kampanye pemasaran. Jenis halaman ini terpisah dan berbeda dengan website utama perusahaan atau homepage. Halaman jenis ini biasanya hanya singkat dan padat. Pada jenis halaman ini hanya memiliki tujuan berupa … Read more